Sukses

Pemerintah Matangkan Rencana Pulangkan WNI Pekerja dari Malaysia

Muhadjir mengatakan, pemerintah terus mengupayakan masuknya para pekerja tersebut ke tanah air dalam pengawasan ketat dan sesuai protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mempertimbangkan untuk memulangkan para pekerja migran dan ABK kapal pesiar ke Indonesia, khususnya Malaysia, lantaran terkena imbas karantina suatu negara akibat wabah Covid-19. 

"Perlu strategi penanganan yang tepat lantaran banyaknya jumlah PMI dan ABK yang dipulangkan," kata Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Tingkat Menteri (RTM) membahas Strategi Penerimaan PMI dan ABK bersama Menteri, Kepala Lembaga, dan Kepala Daerah via video conference, Kamis, 2 April 2020.

Menurut dia, pemerintah terus mengupayakan masuknya para pekerja tersebut ke tanah air dalam pengawasan ketat dan sesuai protokol kesehatan.

"Mereka yang masuk, akan dipastikan dalam kondisi sehat dan negatif Covid-19," jelas Muhadjir. 

Menurut dia, kebijakan ini akan dipikir matang-matang. 

"Kebijakan ini merupakan upaya pemerintah untuk melindungi warganya sekaligus meminta kesadaran WNI untuk sementara tidak kembali ke Indonesia dalam situasi masih tingginya penyebaran Covid-19 di Indonesia," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.