Sukses

Menko Polhukam: Wabah Corona Diprediksi Menurun pada April 2020

Mahfud memprediksi wabah Corona ini akan menurun pada April atau paling lambat sampai September 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pemerintah terus berupaya mengatasi wabah Corona atau Covid-19.

Pemerintah, kata Mahfud juga memprediksi wabah Corona ini akan menurun pada April atau paling lambat sampai September 2020.

"Kalau yang optimis pertengahan April ini sudah mulai turun. Kalau yang pesimis bisa sampai September bencaan ini. Itu kita berhitung sampai, kalau jeleknya misalnya sampai September, kita berhitung sampai jutaan (APD) yang dipersiapkan," katanya di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Berbekal prediksi itu, katanya, pemerintah mempersiapkan segala sesuatunya dengan cermat termasuk menyediakan jutaan Alat Pelindung Diri (APD) dan ventilator dengan cara impor dan produksi massal di dalam negeri.

"Dari dalam negeri banyak yang sudah siap (produksi). Dalam waktu dekat sudah mulai. Dan juga ada beberapa yang impor dari luar negeri untuk memenuhi keutuhan APD bagi petugas-petugas pelayanan medis," katanya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekurangan Ventilator

Menurut Mahfud MD, ventilator merupakan alat kesehatan yang penting selain APD. Sebab berdasarkan catatan medis, pasien yang terjangkit virus ini meninggal dunia karena tidak mendapatkan alat bantu pernapasan tersebut.

"Kita membaca data-data dari luar negeri juga banyak yang tidak kebagian ventilator. Jadi ini bukan saja masalah Indonesia, tapi juga masalah seluruh dunia," pungkasnya.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.