Sukses

Cerita di Balik Aksi Viral Bripka Sigit Gendong Pria Paruh Baya yang Terserang Jantung

Menurut Bripka Sigit, yang dilakukannya merupakan bagian dari tugas polisi sebagai pengayom masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Pagi itu, Bripka Sigit Prabowo tengah bertugas di Jalan Letjen S. Parman, Slipi Jakarta Barat, Jumat (14/2/2020). Seperti biasa, dalam berdinas, pria 35 tahun itu selalu membawa Handy-talkie (HT) di tangannya.

Bunyi HT selalu didengarnya sambil mengatur kendaraan. Namun tiba-tiba, pukul 10.00 WIB, sang komandan memberikan instruksi lewat HT. Sigit diminta merapat ke Halte Trans Jakarta Rumah Sakit Harapan Kita.

"Informasi dari komandan menginformasikan ada seorang pria terkena serangan jantung. Posisi orang itu berada di dalam Halte," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (14/2/2020).

Ia pun menghampiri Halte tersebut. Jaraknya antara lokasinya bertugas dengan Halte sekira 200 meter. Sigit melihat kepanikan sejumlah penumpang Trans Jakarta sesampainya di lokasi.

"Saya diteriakin Pak minta tolong pak, ada yang terkena serangan jantung," ucap Sigit menirukan suara para penumpang.

Spontan Sigit meminta tolong kepada penumpang itu untuk membantu menurunkan pria tersebut yang belakangan diketahui bernama Muhammad Darwin (50).

"Tolong diturunin biar saya bawa ke Harapan Kita," ujar Sigit menceritakan kembali peristiwa tadi.

Tanpa pikir panjang Bripka Sigit mengendong pria itu ke rumah sakit. Menurut dia, pria paruh baya ini harus segera mendapatkan pertolongan medis. Ia khawatir kalau menunggu kursi roda dari rumah sakit memakan waktu lama yang justru semakin memperburuk keadaan pria itu.

"Gimana caranya supaya korban bisa cepat ditangani. Soalnya waktu itu si Bapak ini sudah sesak nafas," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibawa ke IGD

Akhirnya, pria itu sampai di RS Harapan Kita. Pihak rumah sakit pun segera membawa ke Ruang IGD. Aksi heroik Bripka Sigit Prabowo terekam kamera salah seorang warga. Videonya viral di media sosial.

"Saya kaget dan gak nyangka bisa viral," ujar dia.

Menurut dia, yang dilakukannya merupakan bagian dari tugas polisi sebagai pengayom masyarakat. Apalagi, saat itu kondisi Muhammad Darwin (50) sangat membutuhkan pertolongan.

"Bagaimana si bapak itu selamat. Itu saja yang ada di dalam pikiran saya. Alhamdulilah sekarang kondisinya membaik," ujar dia.

Sementara itu, aksi Bripka Sigit Prabowo mendapatkan apresiasi dari atasanya. Kasat lantas Polres Metro Jakarta Barat, Komisaris Polisi Hari Admoko memberikan penghargaan.

"Kami akan usul ke pimpinan untuk dapat penghargaan," kata Hari saat dikonfirmasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.