Sukses

Soal 2 Nama Baru Cawagub DKI, Anies: Harus Ikuti Janji Kampanye Kami

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merespons dua nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI yang diusulkan PKS dan Partai Gerindra. Dia berharap, kedua Cawagub DKI itu dapat mengikuti janji kampanye di Pilkada DKI Jakarta pada 2017 lalu.

"Siapa pun yang nanti terpilih, dia mengikuti semua visi misi yang ada di 2017-2022. Kalau Pak Sandi kan sama-sama kampanye. Jadi meskipun tidak ikut kampanye, tapi harus ikut pada semua janji kampanye kami," kata Anies di Taman Puring, Jakarta Selatan, Senin (20/1/2020).

Untuk perubahan nama Cawagub DKI, Anies menyebut itu merupakan wewenang dari partai pengusung. Sehingga perubahan nama juga diserahkan kepada partai.

Bila sudah menerima surat rekomendasi Cawagub DKI, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku akan langsung mengajukan ke DPRD DKI.

"Bagian tanggung jawab Gubernur itu adalah meneruskan usulan dari partai pengusung. Kalau sudah ada usulan dari partai pengusung, maka saya meneruskan ke DPRD," papar dia.

2 dari 3 halaman

Riza Patria dan Nurmansyah Lubis

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasar Ahmad menyatakan dua nama calon wakil gubernur atau cawagub DKI pengganti calon sebelumnya.

"Dua nama yang telah dijadikan cawagub DKI yaitu satu saudara Nurmansyah Lubis dari PKS dan kedua adalah saudara Riza Patria dari Partai Gerindra," kata Dasco di gedung DPRD Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020).

Dia menyebut dua nama yang ajukan saat ini telah disepakati bersama antara Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kedua partai tersebut merupakan pengusung pasangan Anies-Sandi di Pilkada DKI 2017.

Rencananya surat dua mana Cawagub diserahkan kembali ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Pada hari ini saya membawa surat yang ditujukkan kepada gubernur DKI yang ditandatangani dua belah pihak PKS dan Gerindra," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Perkumpulan Arkeolog Desak Anies Setop Formula E
Artikel Selanjutnya
Gerindra Usulkan 2 Nama Ini Dampingi Machfud Arifin di Pilkada Surabaya 2020