Sukses

Pasukan Biru dan Pompa Air Diterjunkan Sedot Genangan di Jakarta Selatan

Pasukan biru yang dimiliki Sudin SDA Jakarta Selatan tercatat 1.048 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA), Kota Administrasi Jakarta Selatan mengerahkan puluhan pasukan biru untuk mengatasi genangan di sejumlah titik akibat hujan sejak Jumat 17 Januari 2020 malam.

"Pasukan biru sudah dari Subuh bergerak ke lokasi-lokasi genangan, sampai saat ini masih siaga," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Selatan, Junjung seperti dilansir dari Antara, Sabtu (18/1/2020).

Junjung merinci, sebanyak 15 anggota pasukan biru mengatasi genangan di Jalan Gatot Subroto depan Balai Kartini dan depan gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Selain itu, petugas juga mengatasi genangan di Jalan Sudirman depan Atmajaya dan kolong Semanggi, Setiabudi. Lalu di Jalan Hang Lekiu, Kebayoran Baru juga dikerahkan 10 personel pasukan biru melakukan pembersihan tali-tali air hingga lalu lintas sudah normal kembali pukul 10.00 WIB.

Pasukan biru juga mengerahkan pompa air portabel di sejumlah titik genangan, misalnya di Gandaria City, Jakarta Selatan.

"Pompa portabel juga kita operasikan di Jalan Loka Permai, Kebayoran Lama, kini air sudah berangsur surut," ucap Junjung.

Junjung mengatakan, pasukan biru yang dimiliki Sudin SDA Jakarta Selatan tercatat 1.048 orang, jumlah tersebut belum maksimal untuk mengatasi genangan di Jakarta Selatan yang memiliki cakupan wilayah yang luas dibandingkan dengan Jakarta Pusat.

"Idealnya kita butuh sekitar 1.400 personel, itu baru minimum," tambah Junjung.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

11 Ruas Jalan Tergenang

Sebelumnya, hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Sabtu (18/1/2020) dini hari tadi membuat sebagian wilayah tergenang. Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, terdapat 11 titik genangan.

Genangan tersebut tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat. Kendati demikian, secara berangsur genangan tersebut perlahan surut. Berikut rinciannya:

Jakarta Barat

1. Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk (20-30 cm)

2. Jalan Letjen S Parman (10-20 cm)

3. Jalan Cengkeh, Pinangsia (10-30 cm)

4. Jalan Raya Pos Pengumben (10-20 cm)

5. Jalan Tanjung Duren Raya, Tanjung Duren Utara (20-30 cm)

Jakarta Pusat

1. Jalan Cikini Raya, Cikini (10-20 cm)

Jakarta Selatan

1. Jalan Kemandoran Pluis, Grogol Utara (10-25 cm)

2. Jalan Gatot Subroto, Karet Kuningan (10-20 cm)

3. Jalan Gatot Subroto, Kuningan Timur (10-20 cm)

4. Jalan Jenderal Sudirman, Karet Semanggi (10-20 cm)

5. Jalan Kyai Moh Syafii Hadzami, Kebayoran Lama Utara (5-15 cm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.