Sukses

Bertemu Dubes China, Mahfud Md: Posisi Indonesia soal Natuna Sudah Jelas

Menerima kunjungan Duta Besar China di kantornya, Menko Polhukam Mahfud menyampaikan soal Natuna.

Liputan6.com, Jakarta Kemenko Polhukam Mahfud Md menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian di kantornya, Kamis kemarin.

"Saya bicara dengan Dubes China karena pada tanggal 4-5 Februari akan ada pertemuan antarpejabat tinggi dan kolega saya dari China akan datang ke sini," kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Dia juga menyampaikan soal Natuna, bahwa sikap Indonesia sudah jelas. "Kami katakan sikap kita jelas untuk menjaga kedaulatan dan menjaga hak untuk berdaulat," jelas Mahfud.

Menurut dia, untuk urusan tersebut akan terus diperhatikan. Dirinya pun menyebut China sendiri akan menyesuaikan diri.

"Mereka tetap akan menyesuaikan diri dan menyuruh nelayan-nelayan China ganti profesi dan jangan mencari ikan. Dan sudah banyak orang-orang China yang ganti profesi dan orang-orang lain untuk mencari ikan, sehingga peristiwa-peristiwa itu akan berkurang," kata Mahfud.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Perbedaan Pandangan

Sementara itu, Xiao Qian menyadari, meskipun hubungan China dengan Indonesia baik, masih tetap ada perbedaan pandangan.

"Itu tidak masalah. Kita bisa menjadi teman baik, menjadi tetangga yang baik. Kita bisa mendiskusikan, membicarakan tentang apa pun dalam hubungan pertemanan. Dan kami bisa bedialog dan berbicara tentang bagaimana mencari solusi dari masalah ini dengan jalan yang proper," ungkap Qian. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.