Sukses

Polri: Ketua KPK Firli Bahuri Masih Polisi Aktif

Staf Khusus Presiden Bidang Hukum, Dini Shanti Purwono meminta, Ketua KPK Firli Bahuri nonaktif dan melepas jabatannya di Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Firli Bahuri didesak mundur dari kepolisian oleh Istana. Desakan dari Istana tersebut lantaran Firli kini mengemban amanah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyebut, Firli masih menjadi anggota polisi aktif.

"Masih. Masih jadi polisi," ujar Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

Argo menyebut, untuk berhenti dari jabatan aktif di Polri ada ketentuannya. "Enggaklah, itu kan semuanya ada aturannya," kata Argo.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Hukum, Dini Shanti Purwono mengatakan, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri harus nonaktif dan melepas jabatannya di Polri. Hal ini berdasarkan ketentuan Pasal 29 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

"Pasal 29 UU KPK jelas menyatakan bahwa pimpinan KPK harus melepaskan semua jabatan selama menjabat sebagai pimpinan KPK. Jadi harus nonaktif dari jabatan lain selama menjabat sebagai Pimpinan KPK," kata Dini saat dikonfirmasi, Selasa 24 Desember 2019.

Dalam Pasal 29 UU KPK berbunyi pimpinan KPK harus, melepaskan jabatan struktural dan atau jabatan lainnya selama menjadi anggota KPK dan tidak menjalankan profesinya selama menjadi anggota KPK.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.