Sukses

Rapat Bareng Luhut dan Tito, Mahfud Bahas Soal Omnibus Law Keamanan Laut

Mahfud Md menegaskan, untuk keamanan laut, ada 17 aturan atau undang-undang yang tumpang tindih.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md melakukan rapat tertutup dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan, serta Mendagri Tito Karnavian. Agenda rapat yang dibahas soal omnibus law Keamanan Laut.

"Kita akan menyiapkan omnibus keamanan laut, omnibus Kamla," kata Mahfud di kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Dia menegaskan, untuk keamanan laut, ada 17 aturan atau undang-undang yang tumpang tindih.

"Ada 17 undang-undang yang mengatur secara berbeda, yang memberikan kewenangan-kewenangan yang berbeda, sehingga penanganan di laut itu, proses-proses investasi, proses perdagangan, bongkar muat, itu lama sekali. Karena ada minimal tujuh yang memeriksa," ungkap Mahfud.

Menurut dia, semuanya ini akan disatukan. Dan akan melibatkan banyak institusi.

"Tadi disepakati, kebetulan ada Pak Tito juga menteri dalam negeri, dan Kapolri. Itu nanti akan diundang semua yang punya kewenangan-kewenangan di laut," jelas Mahfud Md.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuartal Pertama 2020 Selesai

Dia berharap, kuartal pertama tahun 2020, aturan tersebut sudah selesai juga pokok-pokok aturannya.

"Sesudah itu kuartal berikutnya dibentuk draftnya dan naskah akademiknya. Mudah-mudahan tahun 2020 sudah jadi. Ini nanti kita ikut Prolegnas saja, ini kita sudah masuk di dalam Prolegnas," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.