Sukses

Kedubes Indonesia di Beijing Gelar Diskusi Tentang Blockchain

Tujuan diskusi ini untuk memperluas pemahaman tentang blockhain yang sebenarnya untuk masa depan.

Liputan6.com, Jakarta Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing, Cina dan Valdo Media Communication menyelenggarakan pemaparan mengenai teknologi masa depan, yakni teknologi Blockchain yang sampai saat ini masih belum terlalu banyak senior management yang mengetahui mengenai blockchain dan manfaatnya bagi masa depan dunia usaha, khususnya di Indonesia serta bagaimana regulasi yang ditetapkan pemerintah Indonesia berkaitan dengan teknologi blockchain ini.

Ketika mendengar istilah blockchain, pasti terasa asing bagi orang umum, namun begitu mendengar kata Bitcoin, tentu orang akan langsung mengerti. Bahkan sejumlah orang mengaitkan keduanya padahal Bitcoin tak melulu harus berhubungan dengan blockhain, dan blockhain semata-mata bukanlah Bitcoin.

Acara ini ditujukan untuk mensosialisasikan teknologi blockchain yang relevan kepada pasar dan orang-orang di Indonesia agar terjadi perubahan perspektif masyarakat yang telah mengenal blockchain sebagai Bitcoin saja. Dengan mengundang pakar blockchain dari Cina, yakni Sam Lee, Co-Founder Global Blockchain di Shanghai yang dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam implementasi aktual dari teknologi blockchain di dalam bisnis. 

“Kami menggarisbawahi satu hal yang orang Indonesia masih belum paham bahwa Bitcoin itu memang blockchain, tapi blockchain bukan bitcoin," kata Sam Lee, Co-Founder Global Blockchain Shanghai.

Seperti diketahui, kemajuan teknologi blockchain tidak pernah secepat yang terjadi saat ini. Semua dalam kehidupan berubah sejak terjadinya invasi platform digital yang telah mencapai hampir di setiap aspek kehidupan, dari profesional ke bidang yang sangat pribadi. Dalam dekade terakhir ini, platform digital blockchain baru diperkenalkan, disosialisasikan dan bahkan menjadi perbincangan utama di banyak negara.

Blockchain merupakan sistem yang terdesentralisasi dan terdistribusi pada semua komputer pengguna yang terkoneksi jaringan. Artinya, catatan transaksi yang sudah terjadi pada sistem tersebut bisa dilihat dan dikelola oleh semua orang, namun tidak bisa dirubah sama sekali.

Catatan tersebut akan bersifat kekal dan tidak bisa dipalsukan, karena pengelola ledger (buku besar catatan transaksi) blockchain bukan hanya 1 server saja, namun seluruh pemegang akun pada sistem blockchain memiliki ledger yang sama. Blockchain termasuk fondasi teknologi yang memungkinkan perkembangan cryptocurrency (mata uang kripto).

Manfaat blockchain tak hanya itu. Bahkan, pemahaman akan blockchain dapat memperluas wawasan dan mengasahketerampilan bisnis. Selain manfaat potensial dari teknologi blockchain yang sedang tren saat ini, pasar juga dipenuhi dengan sejumlah penipuan kripto yang berulang kali terjadi.

Hal ini menyebabkan lahirnya banyak peraturan ketat dari pihak berwenang. Akibatnya, ada pertanyaan tertentu yang muncul mengenai manfaat potensial dari blockchain, apakah mereka benar-benar baik untuk semua? Apakah blockchain layak untuk semua bisnis atau tidak? Perlukah melakukan tes kompatibilitas blockchain, sebelum memasukkannya ke dalam model bisnis saat ini?

Sederhananya, blockchain adalah rekaman buku besar yang terdesentralisasi, memeriksa dan memverifikasi setiap proses penarikan, pembayaran, dan perdagangan dalam batas-batasnya. Untuk bisnis, spektrumnya cukup luas, dari penggunaan kemampuan blockchain untuk mencapai konsensus terpencil hingga otonom antara pengguna.

Teknologi ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dan keamanan transaksional, mengurangi biaya keseluruhan dan bahkan mengurangi potensi jeda atau waktu henti jika ada dalam rantai pasok. Selain mengamankan transaksi pembayaran dari campur tangan pihak ketiga, teknologi blockchain juga membawa tingkat transparansi baru dalam ekosistem bisnis--sesuatu yang sangat diminati oleh konsumen saat ini.

 

Tidak peduli seberapa luas blockchain untuk bisnis dapat memberikan solusi, masih ada banyak masalah keamanan siber yang perlu ditangani. Jika tidak, kerusakan yang disebabkan oleh gangguan teknis yang ditimbulkan oleh peretas dan spammer bisa jauh lebih parah daripada yang sebelumnya.

Dimasukkannya teknologi blockchain dalam operasional bertujuan untuk mengarahkan pergantian secara lengkap dari hirarki bisnis terpusat ke sistem desentralisasi. Jadi, disarankan kepada perusahaan yang berencana untuk beralih guna merancang strategi dengan baik serta mempertimbangkan semua aspek positif dan negatif dari teknologi tersebut.

Yang telah digunakan oleh banyak pebisnis di seluruh dunia. Bahkan beberapa nama besar di industri digital seperti Jack Ma telah meramalkan itu. Teknologi blockchain adalah masa depan, datang bersama dengan Internet of Things (IoT) dan Inteligensi Buatan (AI).

“Untuk menemukan solusi agar dapat mengerti dan mengetahui apa itu Blockchain dan berbagi wawasan tentang cara menerapkan teknologi blockchain ke industri dan bisnis secara keseluruhan di Indonesia, kegiatan edukasi ini merupakan komitmen dari Kedutaan Besar di Beijing, China untuk menjembatani penyebaran pemahaman teknologi blockchain kepada pelaku-pelaku bisnis di Indonesia langsung dari pakar Blockchain yang telah mengimplementasikan teknologi blockchain ini sejak tahun 2009 lalu,” kata Djauhari Oratmangun, Duta Besar R.I. untuk China di Beijing.

“Di tahun 2020, forum blockchain internasional akan diselenggarakan di Bali, bersamaan dengan pengembangan Pusat Teknologi Blockchain di Jakarta, sehingga memungkinkan orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang Teknologi blockchain ini,” lanjut Djauhari.

Dalam diskusi Let’s Talk Blockchain, dibahas mengenai bagaimana teknologi baru ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam perspektif diplomasi ekonomi Indonesia ke depan serta bagaimana regulator menentukan rambu-rambunya dengan teknologi blockchain ini, sehingga dapat mendukung akselerasi pertumbuhan fintech di Indonesia.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.