Sukses

Kasus Peretasan Kripto Turun pada Kuartal I 2024

Jumlah total kerugian akibat insiden peretasan kripto pada kuartal I 2024 berjumlah sekitar USD 336,3 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Pada kuartal pertama 2024 industri mata uang kripto mengalami penurunan kerugian yang diakibatkan oleh peretasan. Menurut data perusahaan keamanan blockchain Immunefi, terjadi penurunan signifikan sebesar 23,1% pada Maret 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut laporan tersebut, jumlah total kerugian akibat insiden peretasan pada kuartal I 2024 berjumlah sekitar USD 336,3 juta. Namun, kerugian sebesar USD 336,3 juta merupakan penurunan 23,1% dibandingkan kerugian sebesar USD 437,5 juta pada kuartal yang sama tahun lalu.

Pasar mata uang kripto mengalami 46 insiden peretasan dan 15 kasus aktivitas penipuan pada kuartal pertama tahun 2024, yang menyebabkan kerugian melebihi USD 321 juta. Dengan total nilai hampir USD 100 miliar yang terkunci dalam protokol Web3, platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) tetap menjadi target utama para peretas, menyumbang 100% eksploitasi yang diidentifikasi oleh Immunefi pada kuartal I, dibandingkan dengan nol untuk platform terpusat (CeFi).

Melansir Cointelegraph, Senin (1/4/2024), dua proyek menyumbang sebagian besar kerugian, dengan total USD 144,5 juta, yang merupakan 43% dari jumlah keseluruhan. Serangan terbesar, sebesar USD 81,7 juta, menargetkan Orbit Bridge selama perayaan Tahun Baru. Adapun Januari menunjukkan kerugian bulanan tertinggi di kuartal I, dengan total USD 133 juta.

CEO Immunefi, Mitchell Amador menekankan kerentanan platform DeFi terhadap pelanggaran kunci pribadi, menyoroti kebutuhan mendesak untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan di seluruh infrastruktur kode dan protokol. Pada akhir kuartal, serangan terbesar kedua melibatkan eksploitasi senilai USD 62 juta pada game NFT berbasis Blast, Munchables.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pemulihan dalam 24 Jam

Namun, pemulihan terjadi dalam waktu 24 jam ketika peretas menyerahkan kunci pribadi ke dompet yang berisi aset Munchables. Secara keseluruhan, USD 73,9 juta (22%) dari dana yang dicuri dari tujuh eksploitasi di kuartal I telah diperoleh kembali.

Jumlah serangan juga menurun sebesar 17,6%, dari 74 pada kuartal I 2023 menjadi 61 pada tahun ini. Pada kuartal I, peretasan mendominasi kerugian, mencapai 95,6% (USD 321,6 juta) pada 46 insiden, sementara penipuan, penipuan, dan penarikan permadani menyumbang 4,4% (USD 14,7 juta) pada 15 insiden.

Ethereum mendapatkan kembali posisinya sebagai rantai yang paling ditargetkan, melampaui BNB Chain, dengan kedua jaringan menyumbang 73% dari total kerugian jika digabungkan. Ethereum menghadapi jumlah serangan tertinggi, dengan 33 insiden, yang merupakan 51% dari kerugian.

BNB Chain mengalami 12 serangan, mewakili 22% dana yang dieksploitasi. Insiden lainnya terjadi di Arbitrum, Solana, Optimism, Bitcoin, Blast, Polygon, Conflux Network, dan Base.

3 dari 5 halaman

CIO Bitwise Sebut Pertumbuhan ETF Bitcoin Spot Akan Berlanjut Selama Bertahun-tahun

Sebelumnya diberitakan, CIO Bitwise, Matt Hougan menyebut permintaan yang luar biasa untuk ETF spot Bitcoin selama dua bulan terakhir kemungkinan akan berlanjut selama bertahun-tahun.

Eksekutif tersebut menyoroti hal-hal penting dari interaksinya dengan investor dan pengalokasi modal yang tertarik untuk membeli ETF yang dikelola oleh Bitwise. Melalui postingan sosial media X, Hougan menjelaskan adanya penyebaran besar-besaran dalam kecepatan adopsi ETF bitcoin. 

Meskipun beberapa penasihat keuangan dan platform rekening nasional sudah mulai menggunakan produk ini sedini mungkin, ada pula yang belum mempertimbangkan alokasi portofolio apapun untuk klien mereka atau belum mengaktifkan produk tersebut di platform mereka hingga tahun depan.

"Sebenarnya, sebagian besar investor profesional masih belum bisa membeli ETF bitcoin. Hal ini akan berubah melalui serangkaian lebih dari 100 proses uji tuntas individu selama dua tahun ke depan,” kata Hougan, dikutip dari Decrypt, ditulis Sabtu (30/3/2024).

Sejak diluncurkan pada 11 Januari, ETF Bitcoin telah menyerap arus masuk bersih sebesar USD 11,7 miliar atau setara Rp 185,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.866 per dolar AS), meskipun juga memperhitungkan lebih dari USD 14,3 miliar atau setara Rp 226,8 triliun arus keluar BTC lama dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). 

Pada Selasa, ETF Bitcoin menerima arus masuk USD 418 juta atau setara Rp 6,6 triliun lagi, termasuk USD 16,7 juta untuk Bitwise Bitcoin ETF.

Aliran dana masuk seperti itu sudah menunjukkan peningkatan besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya ketika uang dalam dana Bitcoin institusional tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan saat ini. 

 

4 dari 5 halaman

Investor Tingkatkan Portofolionya

 

Menurut CryptoQuant, metrik ini telah meningkat dari kurang dari USD 20 miliar menjadi lebih dari USD 94.6 miliar dalam enam bulan terakhir karena kegembiraan seputar ETF mulai meningkat.

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, Hougan juga mengatakan investor telah meningkatkan 1% saham portofolio Bitcoin mereka yang dulu ideal, sekarang lebih memilih 3% atau lebih tinggi. Eksekutif tersebut percaya ETF adalah penyebabnya, karena Bitcoin mengurangi risiko di mata banyak orang.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

5 dari 5 halaman

SEC Bakal Denda Ripple Sebesar Rp 31,5 Triliun Terkait Kasus Kripto

Sebelumnya diberitakan, CEO perusahaan kripto Ripple Labs Inc, Brad Garlinghouse mengatakan di X Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) akan meminta denda dan penalti sebesar USD 2 miliar atau setara Rp 31,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.791 per dolar AS) dalam pertarungan hukumnya atas token kripto XRP Coin.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (27/3/2024), regulator dijadwalkan untuk merilis laporan publik pada Selasa, kepala bagian hukumRipple. Stuart Alderoty mengatakan dalam posting terpisah di X, perusahaan akan mengajukan balasan bulan depan.

SEC menggugat Ripple pada tahun 2020, mengklaim perusahaan tersebut melanggar aturannya ketika mengumpulkan uang dengan menjual token digital tanpa mendaftarkannya sebagai jaminan.

Kasus ini diawasi dengan ketat oleh para penggemar kripto karena implikasinya terhadap lingkup wilayah SEC. Hal ini dianggap oleh banyak orang sebagai hilangnya yurisdiksi badan tersebut, seorang hakim federal pada bulan Juli memutuskan penjualan XRP kepada investor ritel di bursa tidak sesuai dengan kontrak investasi.

Terkait pembaruan kasus ini, menjadi salah satu sentimen yang perlu dicermati investor karena menarik minat besar dari para penggemar kripto dan komunitas XRP. Ada kemungkinan altcoin XRP akan lebih volatil di pekan ini, dan jika hasil positif akan menaikan harga XRP. 

Komentar CEO Ripple baru-baru ini yang menunjukkan potensi kemenangan hukum Ethereum atas SEC AS yang serupa dengan kesuksesan XRP telah memicu diskusi pasar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.