Sukses

Jokowi Targetkan Angka Stunting Turun Jadi 14 Persen

Jokowi optimistis, target stunting turun ke angka 14 persen tercapai. Dengan catatan, berbagai pihak bekerja sama dan fokus menyelesaikan akar persoalan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkomitmen menangani masalah stunting di Tanah Air. Dia memasang target stunting harus turun ke angka 14 persen pada tahun 2024.

Ini disampaikan Jokowi dalam acara Peresmian Pembukaan Kompas100 CEO Forum Tahun 2019 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

"Lima tahun ke depan berada pada angka, kemarin dari Bappenas meminta targetnya 19 persen. Saya masih tidak mau, saya ngotot 14 persen," tegas Jokowi.

Dia optimistis, target stunting turun ke angka 14 persen tercapai. Dengan catatan, berbagai pihak bekerja sama dan fokus menyelesaikan akar persoalan.

"Kalau dikerjakan terus bukan sesuatu yang sulit didapat tapi memang perlu kerja keras dan fokus untuk mempertajam, menutup masalah-masalah," ujar dia.

Jokowi melanjutkan, pada tahun 2013 angka stunting berada pada 37 persen. Kemudian pada tahun 2018 turun ke angka 30 persen. Hingga pada 2019 hanya bertengger pada angka 27 persen. Data tersebut berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas).

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan keinginan pemerintah untuk menekan angka stunting lima tahun ke depan. Dia menyebut, pemerintah menargetkan angka stunting berada di bawah 20 persen.

"Kita ingin menurunkan angka stunting dalam lima tahun ke depan menjadi di bawah 20 persen," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stunting Persoalan Serius

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Indonesia (PB IDI), Daeng M Faqih mengingatkan bahwa stunting merupakan persoalan serius yang harus cepat dibereskan.

Menurut Daeng, semakin banyak sumber daya manusia (SDM) yang terkena stunting, hanya akan menjadi beban bangsa.

"SDM seperti itu tidak memberikan banyak kemajuan untuk bangsa ini, karena pertumbuhannya terganggu," kata Daeng seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Rabu, 27 November 2019.

Hal ini diungkapkan Daeng dalam perayaan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) yang ke-111 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ke-69 di area Parkir Selatan pintu 5, Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, pada Minggu, 24 November 2019.

Pada kesempatan itu, Daeng mengatakan bahwa mudah sekali mengenali seorang anak yang berisiko stunting. Salah satunya dengan mengetahui panjang bayi saat dia baru lahir.

"Cara paling mudah mengenali stunting adalah pada saat lahir, panjang bayi tidak mencapai 47 sentimeter (cm). Penyebabnya karena asupan gizi yang kurang saat seorang ibu sedang hamil. Penyebab lainnya adalah pola asupan gizi yang tidak teratur. Kemudian ada penyakit yang tidak baik saat hamil, misalnya terjadi infeksi," ujarnya.

Itulah tiga penyebab utama anak menjadi stunting. Oleh sebab itu, perlu pengenalan stnting bagi calon pengantin dan ibu hamil.

Daeng, menjelaskan, hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi yang terkena stunting menyebabkan seluruh organ tubuh, terutama otak tidak berkembang baik. Kondisi ini berpengaruh pada perkembangan kepribadian seorang anak yang terkena stunting.

"Ke depan, kami dari IDI akan semakin masif melakukan kampanye anti stunting. Kami lakukan gerakan nyata dengan turun ke masyarakat sosialisi," katanya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • stunting