Sukses

Hadiri KTT ASEAN, Jokowi Terbang ke Bangkok Hari Ini

Dalam pertemuan dengan negara-negara Asia Tenggara itu, ada sejumlah isu yang akan dibawa oleh Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertolak ke Bangkok, Thailand dalam rangka menghadiri KTT ASEAN, Sabtu (2/11/2019). Ini merupakan kunjungan pertama Jokowi ke luar negeri usai dilantik sebagai presiden 2019-2024.

Dalam pertemuan dengan negara-negara Asia Tenggara itu, ada sejumlah isu yang akan dibawa. Salah satunya mendorong pembangunan infrastruktur dengan konsep Indo-Pasific.

"Besok (hari ini) kita ke Thailand yang pertama saya akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bersama-sama membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo Pacific," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Melalui konsep itu, Jokowi menilai pertumbuhan ekonomi di negara ASEAN akan semakin membaik. Adapun beberapa keuntungan yang didapat antara lain, murahnya biaya logistik hingga barang-barang yang diproduksi lebih berkualitas.

"Kemudian kita harapkan pertumbuhan di negara ASEAN akan semakin baik karena pertukaran barang antar negara kita ini menjadi lebih gampang," ujarnya.

"Juga kita harapkan dengan konektivitas yang baik tadi kompetitivenes daya saing dari produk-produk yang diproduksi oleh negara ASEAN jadi lebih kompetitif," sambung Jokowi .

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan Bilateral

Presiden Jokowi bersama Menlu Retno Marsudi akan menghadiri KTT ASEAN ke-35 pada 2-4 November 2019 di Thailand. 

Setelah segala rangkaian acara tersebut selesai dilaksanakan, Jokowi dan Retno memiliki agenda untuk mengadakan pertemuan bilateral bersama beberapa negara sahabat seperti Selandia Baru, Australia, India, Jepang serta Sekjen PBB.

Isu-isu yang akan dibahas masih berkaitan dengan apa yang telah dibawa dalam KTT ASEAN Agustus lalu, di antaranya isu Indo-Pasifik, Laut China Selatan, ASEAN Environment Programme (ASEP), masalah plastik dan limbah, penanggulangan bencana alam, ancaman terorisme dan radikalisme serta hubungan bilateral antarnegara. 

Perihal Outlook ASEAN terhadap Indo-Pasifik, kemungkinan Presiden Jokowi akan membahas tentang rancangan yang sudah rampung sekaligus mengajak negara-negara mitra ASEAN untuk melakukan kerja sama. Menlu Retno pun telah menyampaikan gagasan tentang penyelenggaraan ASEAN Indo-Pasifik Infrastructure and Connectivity Forum pada 2020 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand