Sukses

Cak Imin Tak Pernah Hadir di DPR, Ini Jawaban Ketua Fraksi PKB

Menurut Cucun, setelah menjabat Wakil Ketua DPR, Cak Imin akan lebih rajin hadir di parlemen.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tidak pernah terlihat di Kompleks Parlemen, Senayan sejak dilantik jadi pimpinan DPR periode 2019-2024 pada 1 Oktober lalu.

Dari tiga kali rapat di DPR, hanya satu kali Cak Imin menghadiri rapat tersebut. Rapat pertama adalah rapat pimpinan DPR satu hari setelah dilantik, kemudian rapat fraksi untuk membahas ruang kerja dan rumah dinas pada Jumat (4/10/2019).

Terakhir rapat fraksi membahas Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pada Senin (7/10/2019). Dari rapat tersebut Cak Imin hanya hadir di rapat pimpinan pertama saja, sisanya tidak dihadiri karena ada urusan di Jawa Timur.

"Di rapat pimpinan pertama ada Pak Cak Imin, kemudian izin ke Bu Ketua (Puan Maharani) lagi ada acara di Jawa Timur," kata Sekjen DPR Indra Iskandar, Selasa (8/10/2019).

Ketua Fraksi PKB do DPR Cucun Ahmad Syamsurijal punya penjelasan terkait ketidakhadiran Cak Imin tersebut. Menurut dia, Cak Imin sekarang tengah fokus mengurus partai jelang Pilkada 2020, sehingga tak bisa hadir di Senayan.

"Beliau masih prepare dulu untuk di DPP, juga kan kemarin habis muktamar, kemudian SK segala macem, persiapan menghadapi pilkada, karena rapat-rapat di DPP jalan terus juga kita," kata Cucun di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Sebelum menjadi Wakil Ketua DPR, Cak Imin juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR periode 2014-2019. Saat menjabat sebagai Wakil Ketua MPR, Cak Imin juga tampak jarang hadir di parlemen.

Menurut Cucun, setelah menjabat jadi Wakil Ketua DPR ini Cak Imin akan lebih rajin. Pasalnya, kata dia, DPR memiliki tugas dan fungsi yang jelas dibanding MPR.

"MPR kan tidak sesibuk DPR, kalau sekarang kan jelas fungsi Beliau di korkesra kan. Pasti yang membawahi komisi-komisi bidang kesra itu akan terus dipantau dan disikapi apa nanti pointer-poiter yang harus dilakukan bersama pimpinan AKD yang di Komisi di bawah Beliau," ungkap Cucun.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Sering ke DPR

Karena itu, dia yakin Cak Imin akan lebih rajin lagi untuk berkantor di DPR.

"Nanti pastilah akan sering," ucap Cucun.

Setelah dilantik, pimpinan DPR sudah melakukan dua kali rapat. Pertama rapat antarfraksi membahas ruangan dan rumah dinas, kedua rapat fraksi membahas pembagian Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.