Sukses

Relawan Solmet: Perppu Hak Konstitusi Presiden

Liputan6.com, Jakarta - Relawan pendukung Jokowi, Solidaritas Merah Putih (Solmet) menyatakan dukungan agar Jokowi mengeluarkan Perppu Undang-Undang KPK.

Ketua Dewan Persaudaraan Luar Negeri Solmet Taiwan Sitti Ria menyatakan, pihaknya sependapat dengan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menunjukan 76,3% publik setuju Presiden Jokowi menerbitkan Perppu UU KPK.

"Kami menolak statemen bahwa Presiden bisa di impeachment kalau menerbitkan Perppu. Perppu itu hak konstitusi Presiden," ujarnya melalui keterangan tertulis usai rapat konsolidasi persiapan menghadiri pelantikan presiden, Senin (7/10/2019).

Dia menyatakan, adalah hal wajar jika presiden mengeluarkan perppu. Selama ini Jokowi sudah pernah menerbitkan sejumlah Perppu, di antaranya Perppu No 1 tentang Perlindungan Anak, Perppu no 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan.

"Demikian Juga Pak SBY, Ibu Megawati, Gus Dur, Pak Habibie, Pak Harto pernah menerbitkan Perppu. Tidak ada masalah dengan Impeachment. Jadi Tidak Benar Presiden bisa dimakzulkan," jelasnya.

Dia menyatakan, pemakzulan presiden hanya bisa dilakukan apabila presiden berkhianat terhadap Negara, korupsi, penyuapan, t indak pidana berat, perbuatan tercela, terbukti tidak memenuhi syarat sebagai PresidenHal ini sesuai UUD 1945 Pasal 7A.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Hadiri Pelantikan

Ria menyatakan, bersama anggota Solmet lainnya di Taiwan berencana menghadiri pelantikan presiden pada Senin 20 Oktober nanti.

"Kami warga Indonesia di Taiwan berencana pulang ramai ramai ke Tanah Air untuk menghadiri pelantikan presiden 20 Oktober 2019," ujarnya.

Pihaknya ingin bersama seluruh rakyat Indonesia berdoa dan bersyukur atas momen bersejarah.

"Di samping itu kami ingin menyampaikan langsung ke Pak Jokowi bahwa kami Rakyat akan didepan mendukung semua kebijakan Presiden sepanjang Untuk kebaikan Bangsa," sambungnya.

Dia mengaku p rihatin melihat demonstrasi yang cenderung merusak, anarkis dan mulai disusupin pihak pihak yang ingin menggagalkan pelantikan presiden.

"Kami melihat semua kekacauan yang ada di desain untuk menggagalkan Presiden Jokowi menjabat kedua kalinya," jelasnya.

Solmet Taiwan melakukan salah satu relawan pendukung Jokowi yang ikut memenangkan Jokowi sewaktu Pilpres 2019.  Deklarasi Jokowi-Ma'ruf di Taiwan dihadiri 5 ribuan warga Indonesia di Taiwan di Taipei Main Station, 31 Maret 2019.