Sukses

Naik Sepeda ke DPR, Anies Baswedan Hadiri Rapat Pansus Pemindahan Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, menggunakan sepeda. Dengan mengenakan pakaian batik, helm khusus sepeda, dan kacamata hitam, Anies sampai di kawasan Parlemen itu pukul 13.30 WIB.

Anies mengaku berangkat dari kantornya di Balai Kota menuju gedung DPR melewati Bundaran Hotel Indonesia (HI), lanjut Tanah Abang, Pejompongan. Selama perjalanan menuju gedung DPR, Anies mengaku jalanan aman. Jarak yang ditempuhnya mencapai sekitar 9 km.

"Iya, sekitar setengah jam ya (perjalanannya)," kata Anies Baswedan di kawasan Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2019).

Dia mengaku kedatangannya untuk menghadiri sejumlah undangan. Salah satunya adalah panitia khusus (Pansus) Pemindahan Ibu Kota.

"Undangan untuk Pansus Pemindahan Ibu Kota nanti jam 15.00 WIB. Kemudian persis sebelumnya, ada undangan peluncuran buku HM Fatwa berurutan, tuh," ucap dia.

Belakangan ini, Anies sering menggunakan sepeda untuk beberapa kegiatan. Anies ingin membudayakan masyarakat Jakarta kembali menggunakan sepeda, tidak hanya untuk olahraga, tapi juga transportasi ke kantor.

"Jadi, tidak hanya untuk olahraga saja," kata Anies.

2 dari 3 halaman

Pansus Ibu Kota

Sebelumnya, Panitia Khusus Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) bertolak dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur untuk melakukan pertemuan dengan Gubernur Kaltim, Bupati Penajam Paser Utara, dan Bupati Kutai Kartanegara.

"Banyak hal yang akan kami bahas dengan gubernur dan bupati, terutama persiapan lebih matang mengenai pemindahan IKN," kata Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Timur (Kaltim) yang juga anggota Pansus Pemindahan IKN, Hetifah Sjaifudian, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 24 September 2019.

Pansus Pemindahan Ibu Kota, katanya, akan tetap fokus pada tugas dan fungsinya dalam kaitan pemindahan ibu kota, termasuk tetap bekerja maksimal meski masa bakti DPR RI periode 2014-2019 akan berakhir.

Untuk itu, selain kunjungan kerja, pansus juga telah mengagendakan beberapa kali rapat dengan pemerintah, yakni pada Rabu (25/9/2019), bahkan sudah ada agenda rapat dengan Menteri Keuangan, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Lingkungan Hidup dan lain-lain, termasuk akan ada rapat dengan TNI-Polri.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan Buka Milad ke-22 dan Munas ke-2
Artikel Selanjutnya
Sistem Pemantauan ETLE Diterapkan, Anies Siap Menambah Jalur Sepeda