Sukses

Alexander Marwata Siap Ikuti Tes Akhir Capim KPK di DPR

Alex menjadi satu-satunya petahana yang masuk 10 besar Capim KPK jilid V.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marawata menyatakan siap mengikuti seleksi terakhir untuk kembali memimpin lembaga antirasuah periode 2019-2023. Tes akhir Capim KPK berupa fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan akan diselenggarakan Komisi III DPR.

Komisioner yang akrab disapa Alex itu menjadi satu-satunya petahana yang diloloskan panitia seleksi (Pansel) Capim KPK untuk ikut uji publik hingga fit and proper test. Alex satu dari 10 nama yang diserahkan pansel ke Presiden Jokowi.

"Saya ikuti prosesnya, saya (siap) ikuti‎ fit and proper test," ujar Alex saat dikonfirmasi, Senin (2/9/2019).

Alex mengaku bersyukur dirinya masuk 10 besar Capim KPK jilid V. Menurut mantan Hakim Pengadilan Tipikor ini, pansel sudah bekerja secara independen sesuai dengan arahan Jokowi.

Dia meyakini pansel mengantongi data-data yang lebih lengkap dibanding lembaga lainnya mengenai pemilihan Capim KPK ini. Pasalnya, pansel bekerja sama dengan sejumlah lembaga.

"Saya pikir pansel punya data lebih lengkap dan dapat masukan dari banyak pihak, seperti PPATK dan BIN," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Nama Capim KPK Dikirim ke Jokowi

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) mengumumkan 10 nama terpilih yang diserahkan ke Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Nama itu diumumkan usai pansel melaporkannya ke Jojowi.

"Komposisi profesi satu orang KPK, satu orang polisi, satu jaksa, satu auditor, satu advokat, dua dosen, satu hakim, dua PNS," ucap Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih saat jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019).

Yenti mengaku, nama-nama yang keluar tersebut sudaj melalui banyak pertimbangan dan masukan masyarakat. Nama yang lulus pun tidak dikoreksi saat bertemu dengan Jokowi.

"Enggak ada istilah koreksi, mungkin sudah sesuai," kata Yenti.

Berikut 10 nama capim KPK yang lolos seleksi

  1. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata
  2. Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri
  3. Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) I Nyoman Wara
  4. Jaksa, Johanis Tanak
  5. Advokat, Lili Pintauli Siregar
  6. Dosen, Luthfi Jayadi Kurniawan
  7. Hakim, Nawawi Pamolango
  8. Dosen, Nurul Ghufron
  9. PNS Sekretaris Kabinet, Robi Arya
  10. PNS Kementerian Keuangan, Sigit Danang Joyo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.