Sukses

Menang Pileg DKI, Nama Ketua DPRD Masih Tunggu Keputusan Megawati

PDI Perjuangan merupakan partai pemenang Pileg 2019 di DKI Jakarta dengan 25 kursi

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta, Gembong Warsono menyatakan nama Ketua DPRD DKI periode 2019-2024 belum ditentukan. Dia menyebut, kursi Ketua DPRD akan ditunjuk langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"(Keputusan) dari DPP, tentu penugasan nanti dari DPP. Siapa yang ditugaskan dari 25 anggota yang terpilih itu," kata Gembong saat dihubungi, Selasa (13/8/2019).

PDIP merupakan partai pemenang Pileg 2019 di DKI Jakarta dengan 25 kursi. Secara otomatis, kursi pimpinan Dewan akan diisi dari perwakilan PDIP. "Siapanya (Ketua DPRD) itu nanti diputuskan DPP," ucap dia.

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta telah menetapkan nama-nama anggota DPRD DKI periode 2019-2024 yang melanggeng ke Kebon Sirih. Penetapan tersebut disahkan dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD DKI Jakarta di Hotel Merlynn, Petojo, Jakarta Pusat, Senin 12 Agustus 2019.

"Dengan demikian nama calon terpilih kita tetapkan secara bersama-sama," ujar Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos saat memimpin rapat pleno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat 25 Kursi

PDIP mendapatkan kursi terbanyak sebanyak 25 kursi. Diikuti Gerindra dengan 19 kursi. Di posisi ketiga ditempati PKS dengan 16 kursi.

Berikutnya Demokrat mendapatkan 10 kursi. PAN mendapatkan sembilan kursi. PSI sebagai partai baru berhasil mendapatkan delapan kursi di Jakarta.

Kemudian diikuti oleh Nasdem dengan tujuh kursi. Golkar mendapatkan enam kursi. PKB 5 kursi. Dan paling bontot PPP dengan satu kursi. Sementara, Hanura, Perindo, Berkarya, PBB, PKPI, dan Garuda mendapatkan 0 kursi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.