Sukses

Djarot: Nama Menteri PDIP Akan Diumumkan Terbuka

Djarot satu napas dengan Megawati. Sebagai pemenang Pemilu, wajar PDIP meminta jatah menteri lebih besar dibandingkan partai lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Politikus PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan kepada kader PDIP dalam forum resmi terkait menteri yang akan diajuka ke Jokkowi.

"Bu Mega kalau menyampaikan sesuatu tidak pernah selintutan. Selintutan itu jalan belakang. Langsung di-declare depan umum. Di sidang kongres lagi. Di-declare langsung," ujarnya di sela Kongres V PDIP, Hotel Grand Inna Beach, Bali, Jumat (9/8/2019).

Djarot satu napas dengan Megawati. Sebagai pemenang Pemilu, wajar PDIP meminta jatah menteri lebih besar dibandingkan partai lainnya. Namun, kriteria calon menteri yang akan diserahkan kepada Jokowi, ada di tangan Megawati. Tetapi, kata Djarot yang penting adalah kriteria ideologis.

"Yang jelas kriteria ideologis itu yang jadi penting," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta.

Djarot menegaskan, tidak ada pos kementerian yang khusus diincar PDIP. Namun, dibandingkan pos kementerian, PDIP bicara postur kabinet. Saat ini tengah digodok dalam Kongres V.

"Kalau pos strategis, kita postur kabinet juga belum tahu seperti apa. Sekarang lagi digodok," ucapnya.

Sebelumnya, Megawati dalam pidatonya meminta kursi menteri paling banyak. Jokowi pun menjamin bakal memberikan partai lambang banteng moncong putih itu paling besar dibandingkan partai lain.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.