Sukses

Amien Rais: Pak Jokowi Itu Mudeng Demokrasi

Soal adanya sinyal Demokrat yang ingin pindah koalisi, dia enggan menyampaikannya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sepakat dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait dengan oposisi. Dalam pidato penyampaian visi misi yang disampaikan Jokowi kemarin, dia tak masalah dengan adanya oposisi.

"Pak Jokowi itu mudeng (mengerti) demokrasi," ucap Amien di kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (15/7/2019).

Dia justru menyindir ada pihak yang justru meminta kursi ke Jokowi, padahal tidak ditawari. Meskipun, dirinya tak menjelaskan siapa orangnya.

"Yang lucu, enggak ditawarin Pak Jokowi tapi ada yang minta-minta. Itu kan aib. Jadi geer," jelas Amien.

Soal adanya sinyal Demokrat yang ingin pindah koalisi, dia enggan menyampaikannya.

"Soal Demokrat tanyakan Pak SBY. Udah yah, assalamualaikum," kata Amien.

Ditegaskan soal sikap PAN, dia mengatakan jangan sampai bergabung ke Jokowi-Ma'ruf. "Sama, jangan sampai bergabung," tegas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunggu Keputusan Resmi

Sementara itu, anggota Dewan Kehormatan PAN Djarat Wibowo menegaskan, 34 DPW semuanya solid ingin berada di luar pemerintah.

"Ya saya bukam tipe orang yang suka klaim ya. Tapi yang jelas mereka sudah komunikasi dengan semua pihak. Dan insyaallah lebih banyak yang ingin tetap di oposisi," kata Drajat.

Senada, Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais menjelaskan, semuanya akan ada sikap resmi yang dikeluarkan partainya.

"Tunggu saja nanti. Pasti partai punya sikap resmi. Dan tidak mungkin tidak mendengarkan dan memerhatikan dengan seksama masukan dari pendiri partai, Pak Amien Rais maupun juga mayoritas suara para kader dan simpatisan yang sudah memilih PAN," jelas Hanafi.

Karenanya, menyangkut sikap fraksi, semuanya akan sejalan dengan yang diputuskan di DPP nanti. "Sikap fraksi itu tergantung DPP-nya. Nanti DPP akan membuat sikap resmi," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.