Sukses

Alumni UI Ikut Kawal Sidang Sengketa Pilpres 2019

Mereka mengaku datang untuk mengawal MK yang sedang mengelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Liputan6.com, Jakarta - Alumni Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar (IKB) UI turut menggelar unjuk rasa di sekitaran Jalan Merdeka Barat, Jumat (14/6/2019).

Mereka mengaku datang untuk mengawal Mahkamah Konstitusi (MK) yang sedang mengelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

"Kami ingin persidangan berjalan lancar tidak ada intervensi dan hakim secara profesional," ujar dia. 

Dari pantauan Liputan6.com, salah satu atribut yang paling menonjol adalah rompi kuning bertuliskan Alumni UI. Mereka berdiri membentuk barisan sambil mengangkat-angkat poster-poster.

Salah satunya adalah Arif Santoso. Dia alumni FISIP UI angkatan 1994. Dia menjelaskan, Alumni UI yang ikut berunjuk rasa lebih dari 60 orang. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Izin Penggunaan Atribut UI

Arif mengaku, belum mengajukan izin terkait penggunaan atribut UI. Namun, itu tak menjadi masalah.

"Kita IKB kok otomatis ya nggak apa-apa. Ini kan inisiatif para alumni yang membuat paguyuban IKB. Anggotanya juga banyak dari mulai 1987 sampai sekarang," ungkap dia.

Liputan6.com pun mencoba menghubungi pihak Universitas Indonesia terkait penggunaan atribut tersebut. Namun, hingga kini belum direspons.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.