Sukses

Begini Situasi di Luar Gedung MK Saat Sidang Perdana Sengketa Pilpres Digelar

Liputan6.com, Jakarta Situasi di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) terpantau lengang saat sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dimulai, pada Jumat (14/6/2019). 

Dari pantauan Liputan6.com, meski lengang, pengamanan di sekitar Gedung MK dijaga ketat oleh petugas gabungan yang terdiri dari polisi, TNI serta petugas keamanan internal MK. Kawat berduri melintang di depan Gedung MK. 

Sambil berjaga di lobi menuju pintu masuk, petugas melakukan pengecekan terhadap barang-barang milik pengunjung yang hendak memasuki gedung. 

Mereka juga diharuskan menukarkan kartu identitas dengan kartu tanda pengenal milik MK.

Kondisi yang sama juga terjadi di luar Gedung MK. Road Barrier beton yang dilapisi kawat berduri terpasang melingkari pintu masuk MK. Beberapa kendaraan taktis juga terparkir di ujung Jalan Merdeka Utara dan Jalan Merdeka Barat.

Sementara itu, ratusan orang menghelat aksi unjuk rasa di sekitaran Jalan Medan Merdeka Barat. Massa pendemo didominasi emak-emak berkerumun tepat di depan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Mereka memakai baju putih-putih duduk beralaskan tikar membentangkan poster dan spanduk bertuliskan Bahasa Inggris. Salah satu spanduk bertuliskan "People Need Justice".

Sementara itu, seorang orator menyampaikan orasi dari atas mobil bak terbuka. Dia mengatakan, tujuan unjuk rasa sebagai salah satu cara untuk menyemangati hakim Mahkamah Konstitusi.

"Saat ini Mahkamah Konstitusi (MK) sedang digelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Kita harus terus kawal. Agar memberikan keputusan yang adil," ucap orator.

Pihak kepolisian nampak berjaga-jaga mengamankan aksi unjuk rasa tersebut. Para aparat tersebut hanya dilengkapi tameng dan pentungan.

2 dari 3 halaman

Ruas Jalan Merdeka Barat Ditutup

Meski begitu, tak tampak aktivitas berarti dari para aparat keamanan. Mereka hanya terlihat duduk-duduk, sambil sesekali bolak-balik mengamati ruas jalan.

Sementara itu, polisi menutup ruas Jalan Merdeka Barat dari kedua belah arah. Bagi kendaraan yang ingin melintas dari arah Harmoni menuju Jalan Patung Kuda di arahkan ke Jalan Juanda.

Sedangkan, kendaraan yang melewati Patung Kuda diarahkan ke Merdeka Selatan. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Eks Napi Koruptor Puasa Pilkada 5 Tahun
Artikel Selanjutnya
MK Tolak Turunkan Batas Usia Calon Kepala Daerah, Faldo Gagal Maju Pilkada