Sukses

Kapal Pengangkut Pemudik Kandas Dekat Pelabuhan Bakauheni

Kapal yang melaju dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni itu kandas di perairan Pulau Rimau Balak.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Persada II yang mengangkut pemudik Lebaran Idul Fitri 2019 kandas. Kapal yang melaju dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni itu kandas di perairan Pulau Rimau Balak.

"Keseret arus gitu, malam kan hujan juga memang. Kebawa arus, keluar alur," ujar Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap melalui sambungan telepon, Jumat (07/06/2019).

Kapal bermuatan penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pulau Jawa ke Sumatera itu kandas saat akan sandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung sekitar pukul 04.00 WIB tadi.

"Sudah mau masuk alur Bakauheni. Masih di pintu Bakauheni lah," terangnya.

Saat ini kapal tersebut masih berada di perairan Pulau Rimau Balak. Sedangkan penumpangnya telah dievakuasi oleh Basarnas Lampung menggunakan kapal KN Basudewa.

"(Kondisi penumpang) saya kurang tahu juga, karena yang evakuasi Basarnas, dibawa ke mana juga belum tahu. Dievakuasi pakai Kapal Basarnas. Kapal masih di Rimau Balak. Kalau untuk (evakuai kapal) kewenangan KSOP Bakauheni," kata Saiful.

Puncak arus balik Lebaran 2019 di penyebrangan Bakauheni-Merak, diprediksi terjadi pada Jumat malam hingga Minggu siang, tanggal 07-09 Juni 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.