Sukses

Dari Dubai, Pesawat yang Ditumpangi Prabowo Terbang ke Austria

Kendati demikian, belum dipastikan apakah jet pribadi sewaan ini turut mengangkut Prabowo beserta rombongan ke Austria atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta - Private Jet Ambraer 190/ Lineage 1000 dengan nomor registrasi 9HNYC, pesawat sewa ditumpangi capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, tercatat meninggalkan Dubai, Uni Emirate Arab (UAE), usai mendarat sekira pukul 13.53 waktu setempat atau 16.53 WIB pada Selasa 28 Mei 2019.

Hal tersebut diketahui, usai Tim Liputan6.com mengakses situs penerbangan internasional, FlightAware. Diketahui, situs ini dapat melacak rekam jejak penerbangan global dengan menuliskan seri atau tipe pesawatnya.

Tak lama berselang, rekam jejak pesawat yang ditumpangi Prabowo langsung meneruskan penerbangan ke Wina, Austria. Pesawat itu bertolak dari Bandara Al Maktoum pukul 15.09 waktu setempat, atau pukul 18.09 WIB.

Flight Aware

Masih lewat situs yang sama, private jet tersebut diketahui mendarat di Bandara Internasional Vienna Austria, pukul 19.13 Central European Summer Time (CEST), atau pukul 00.13 WIB, Rabu 29 Mei 2019.

Kendati demikian, belum dipastikan apakah jet pribadi sewaan ini turut mengangkut Prabowo beserta rombongan ke Austria, atau tidak.

Sebelumnya, pihak Imigrasi Kementerian Hukum HAM Republik Indonesia membenarkan Prabowo beserta rombongan bertolak ke Dubai melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pukul 08.14 WIB.

Bersama Prabowo, data manifes Imigrasi merilis empat warga negara asing yang diketahui ikut pergi bersama. Mereka adalah dua warga berkebangsaan Rusia, satu orang warga Amerika Serikat, dan satu orang warga Jerman.

"Rusia bernama Mr Mikhail Davzdov dan Mrs Anzhelika Butaeva. Amerika Serikat, Mr Justin Darrell Flores Howard dan seorang berkebangsaan Jerman, Mr Mischa Demermann," tulis keterangan Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Sam Fernando, Selasa 28 Mei 2019.

Selain empat warga negara asing, rombongan Prabowo turut mengajak tiga kolega asal Indonesia. Mereka adalah, Edy Arman, Yoriko Fransisko Karapang, dan Gibrael Habel Karapang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Prabowo ke Dubai

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ahmad Riza Patria menegaskan, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab disebabkan sejumlah urusan. Salah satunya terkait pemeriksaan kesehatan.

"Biasa ada urusan ketemu kolega, bisnis. Sekaligus periksa kesehatan," tutur Riza Patria saat dihubungi, Selasa (28/5/2019).

Dia menyebut, Prabowo memang rutin memeriksakan kesehatannya. Hal itu memang menjadi karakter, terlebih bagi seorang mantan prajurit TNI.

"Nggak (sakit). Prabowo itu sehat, kemarin saya ketemu sehat. Cuma Prabowo itu orang yang rutin periksa kesehatan, rajin olahraga. Berenang dan naik kuda rajin," jelas dia.

Pemeriksaan kesehatan baru dilakukan lantaran kesibukan Pilpres 2019. Mumpung ada waktu, menurut dia Prabowo kemudian kembali menjalankan rutinitasnya.

"Periksa kesehatan rajin, bagus kok. Kesehatan prima. Dia kan disiplin, namanya mantan tentara, purnawirawan. Selama kampanye pilpres ini kan waktu sibuk, belum sempat ke luar negeri menemui kolega dan teman. Sekalian cek kesehatan," kata Riza.

Hanya saja, kurun waktu Prabowo berada di Dubai tidak dapat dipastikan dan yang pasti memakan lebih dari dua hari. Selain karena lokasi yang jauh, ada juga urusan lain yang tidak bisa dibeberkan.

"Nggak tahu saya. Biasanya nggak lama. Tapi kan itu di Dubai. Kecuali kalau di Bangkok bisa 1 sampai 2 hari. Ya ada urusan juga ya (selain cek kesehatan)," Riza menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.