Sukses

Jokowi Anggap Wajar Golkar dan PKB Ingin Posisi Ketua MPR

Jokowi menilai Golkar wajar menduduki kursi Ketua MPR karena sebagai pemenang kedua di Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai wajar Partai Golkar ingin menduduki kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Sebab, kata dia, Partai Golkar adalah pemenang kedua pada Pemilu 2019.

"Saya kira sebagai pemenang yang kedua juga wajar," kata Jokowi usai buka puasa bersama Partai Golkar, di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Minggu (19/5/2019).

Jokowi juga menilai wajar Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengincar posisi tersebut.

Namun mantan Gubernur DKI Jakarta itu enggan mengungkapkan siapa yang paling pantas di antara keduanya.

"Ya Cak Imin menginginkan, wajar juga," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rebutan Golkar dan PKB

Sebelumnya, Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya menerima kursi Ketua DPR diserahkan untuk PDIP sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2019. Namun Airlangga berharap, posisi Ketua MPR dapat diduduki oleh kader dari partainya.

"Dalam UU MD3 pemenang pemilu akan menjadi Ketua DPR dan wakilnya berurutan dari partai lain," kata Airlangga dalam acara buka puasa bersama Partai Golkar dengan Presiden Joko Widodo di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu malam.

Sementara Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, menilai Menko PMK Puan Maharani cocok menjabat sebagai Ketua DPR. Dia melanjutkan, jika Puan Maharani sebagai Ketua DPR maka ia berharap bisa duduk di kursi Ketua MPR.

"Kalau Mbak Puan Ketua DPR, insyaallah saya Ketua MPR," kata Cak Imin, Sabtu (18/5/2019).

 

Reporter: Sania Mashabi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.