Sukses

Anies Akan Integrasikan JakEVO dengan OSS Milik Pemerintahan

Anies menjelaskan penerbitan izin harus sesuai dengan tata ruang di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana mengintegrasikan sistem perizinan digital milik Pemprov DKI Jakarta, yakni Jakarta Evolution atau JakEVO dengan sistem milik pemerintah pusat Online Single Submission (OSS).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan dengan pengintegrasian itu bertujuan agar tidak saling tumpang tindih dari keduanya.

"Ketika menggunakan JakEvo, proses perizinan itu sudah sinkron, karena itu kemarin disepakati masuknya lewat OSS. Dari OSS kemudian langsung ke JakEvo diproses, kemudian keluar izinnya. Enggak ada (tumpang tindih), justru disinkronkan jadi satu," kata Anies Baswedan di Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (14/3/2019).

Anies menjelaskan, penerbitan izin harus sesuai dengan tata ruang di Jakarta. Karena itu, dia menyatakan JakEVO juga telah terintegrasi dengan tata ruang.

Lanjut dia, pihaknya telah mengurus hal itu dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Kami sedang ajukan tim bicara dengan Kemenko Perekonomian. Nanti ketika sudah selesai sinkronisasi baru (kami kabarkan)," jelas Anies Baswedan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkembangan Sistem Perizinan

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong, mengatakan pemerintah akan mengundang 560 BKPM daerah untuk melakukan rapat koordinasi nasional (rakornas) pada pekan depan. Rakornas ini akan membahas mengenai perkembangan sistem perizinan online terintegrasi atau online single submission (OSS).

"Tadi kami lapor sama Pak Menko Ekonomi perkembangan sistem OSS. Sekaligus koordinasi untuk rakornas BKPM tahunan dengan 560 BKPM daerah yang akan kita gelar minggu depan," ujar Thomas di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Thomas mengatakan, pertemuan dengan BKPM dan seluruh pemerintah daerah akan dihadiri secara langsung oleh Presiden Jokowi. "Presiden akan berikan arahan kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota mengenai implementasi OSS," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.