Sukses

Menko Luhut Mengaku Punya Lahan 6 Ribu Hektare di Kaltim

Luhut mengatakan, lahan seluas 6 ribu hektare yang dia kelola merupakan milik pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengaku memiliki lahan seluas 6.000 hektare. Lahan tersebut tempat usaha pertambangan batubara yang berada di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

"Saya enggak punya HGU. Saya punya (izin) tambang batu bara, berjalan dan berproduksi. 6 Ribu hektare," ungkap dia di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Mantan Menko Polhukam ini menyebut tanah 6.000 hektare itu sepenuhnya  milik pemerintah. Saat ini tanah dimanfaatkan untuk pertambangan batubara sehingga Luhut mengklaim tidak tersangkut masalah.

"Saya pikir kalau sepanjang dia produktif dan sepanjang dia melakukan kewajiban-kewajiban dengan benar, ya enggak ada masalah," kata dia.

Mengenai imbauan dari pihak tertentu agar pemerintah mengumumkan semua dokumen Hak Guna Usaha (HGU) lahan yang diberikan kepada kalangan pengusaha, Luhut mengatakan hal itu tak perlu dilakukan.

Sebab, saat ini sudah ada One Map Policy atau Kebijakan Satu Peta untuk melihat data-data kepemilikan lahan.

"Kan sekarang dengan adanya one map bisa kelihatan semuanya. Ya sudah terbuka, berlaku pada semua. Ngapain diumumkan, cari saja," ujar Luhut Pandjaitan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berawal dari Debat Capres

Polemik kepemilikan lahan jadi perbincangan publik setelah debat kedua Pilpres 2019. Dalam debat yang berlangsung 17 Februari itu, Jokowi mempertanyakan kepemilikan lahan Prabowo seluas 220.000 hektare di Kalimantan Timur dan di Aceh Tengah seluas 120.000 hektare.

Pada Senin, 25 Februari  malam, saat berpidato dalam acara Konvensi Rakyat di SICC, Sentul, Jawa Barat, Minggu (24/2), Jokowi kembali menyinggung soal kepemilikan konsesi lahan.

Jokowi mengaku menunggu jika ada yang ingin mengembalikan konsesi lahan kepada negara.

Reporter: Titin Supriatin

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Luhut Panjaitan menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia di era pemerintahan Joko Widodo
    Luhut Panjaitan menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia di era pemerintahan Joko Widodo

    Luhut Panjaitan

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Merdeka.com