Sukses

Top 3 News: Gunung Bromo Waspada, Area Steril 1 Km dari Kawah

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, Gunung Bromo di Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi, Selasa (19/2/2019), pukul 06.00 WIB. Ketinggian kolom abu teramati kurang lebih 600 meter di atas puncak Gunung Bromo atau sekitar 2.929 m di atas permukaan laut.

Peristiwa tersebut membuat pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Gunung Bromo pada Level II atau waspada.

Meski dalam dua hari ini Gunung Bromo kerap mengeluarkan abu vulkanik, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru John Kenedie menyebut kondisi masih terbilang kondusif.

Sementara itu, ledakan besar mengejutkan warga sekitar Pasar Sampang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa pagi. Belakangan terungkap ledakan tersebut dari benda diduga bom di dalam pasar yang memang sengaja dihancurkan Polda Jatim.

Debat capres kedua yang baru saja selesai digelar, Minggu, 17 Februari kemarin, kini masih menjadi perbincangan hangat. Pascadebat, jagad maya dihebohkan dengan alat bantu komunikasi atau wireless earphone yang diduga dipakai cawapres nomor urut 1, Joko Widodo atau Jokowi saat ada gagasan serta visi misi untuk merebut suara rakyat di Pilpres 2019.

Apa sikap Jokowi terkait tudingan tersebut? Dia menilai tudingan tersebut merupakan fitnah yang tak bermutu.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 19 Februari 2019:

2 dari 5 halaman

1. Gunung Bromo Erupsi, PVMBG Tingkatkan Status Waspada

Gunung Bromo di Jawa Timur erupsi. Peristiwa alam ini terjadi pada pukul 06.00 WIB, Selasa 19 Februari 2019.

"Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 600 meter di atas puncak (± 2.929 m di atas permukaan laut)," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (19/2/2019).

Kolom abu, beber Kasbani, terlihat warna putih hingga coklat dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal Condong ke timur laut.

Akibat peristiwa tersebut, PVMBG meningkatkan status Gunung Bromo pada Level II atau waspada.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Ledakan Terdengar di Pasar Sampang Cilacap

Suara ledakan terdengar di Pasar Sampang di Kabupaten Cilacap, Selasa (19/2/2019). Suara ledakan yang terdengar sekitar pukul 09.21 WIB itu mengagetkan warga.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Cilacap, AKP Bintoro Wasono, membenarkan kejadian tersebut. Belakangan dilaporkan kuatnya ledakan dari benda diduga bom yang sengaja dihancurkan tim gegana dari Polda Jateng. 

Polres Cilacap dan sejumlah personel ke Pasar Sampang langsung diturunkan ke TKP untuk melakukan pengecekan sumber ledakan dan sterilisasi lokasi.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Tudingan Tanpa Bukti Jokowi Pakai Alat Bantu Komunikasi

Jagad maya tiba-tiba heboh pascadebat kedua Pilpres 2019 yang digelar pada Minggu 17 Februari 2019. Lantaran, calon presiden Joko Widodo atau Jokowi dituding menggunakan alat bantu komunikasi atau wireless earphone dalam debat capresmenghadapi Prabowo Subianto. 

Tudingan tersebut muncul di akun facebook. Si pengguna memajang foto Jokowi yang tengah menekan telinga dan memencet pulpen.

Sisa depat capres, meninggalkan tanda tanya. BPN (Badan Pemenangan Nasional) harusnya memeriksa telinga Jokowi, ada earphone atau tidak, jika ada, patut dipertanyakan untuk apa itu earphone, cek juga pulpen yang dipegang Jokowi," tulis si pengguna.

Dalam keterangan foto juga tertulis: "Ada apa di kuping? Ada wireless earphone? Apa yang sedang didengarkan? Mendengarkan arahan? atau mendengarkan rekaman jawaban?"  

Apa tanggapan Jokowi?

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Sederet Fakta Usai Ledakan Nobar Debat Capres
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Ledakan Keras di Nobar Debat Capres