Sukses

Kepada Habibie, Jokowi Sampaikan Kondisi Politik Indonesia Jelang Pemilu

Jokowi mengaku juga menanyakan pendapat Habibie tentang rencana pengembangan sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan videoconference dengan Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Melalui videoconference itu, Jokowi menanyakan kabar Habibie yang tengah menjalani pengobatan di Jerman.

"Kami ingin mendapatkan kabar mengenai kesehatan beliau yang kita lihat semuanya tadi beliau kesehatannya prima dan kita doakan bersama beliau tetap diberikan kesehatan yang baik oleh Allah SWT," ujar Jokowi usai videoconfrence di Presidential Lounge Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/1/2019).

Kepada Habibie, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan bahwa kondisi politik dan ekonomi di Indonesia baik dan kondusif menjelang Pilpres dan Pileg 2019.

"Saya tadi juga mengabarkan mengenai keadaan di Idonesia mengenai ekonomi, yang berjalan baik, politik juga berjalan baik. Proses menuju ke pemilihan legislatif dan pemilihan presiden juga dalam keadaan yang baik itu yang kami kabarkan," jelas Jokowi.

Jokowi mengaku juga menanyakan pendapat Habibie tentang rencana pengembangan sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran. Pengembangan SDM ini akan dilakukan dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Menurut Jokowi, dalam tanggapannya tadi Habibie menekankan pada bidang pendidikan. Jokowi mengatakan bahwa Habibie menginginkan agar pemerintah fokus pada pengembangan vokasi serta memperbanyak pelatihan.

"Pendidikan dan pembudayaan. Jadi pembudayaan beliau menyampaikan itu. Jadi budaya produktivitas, kedisiplinan kemudian kerja keras, itu yang beliau sampaikan," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesehatan Habibie

Sementara itu, Habibie menyampaikan bahwa kesehatan dirinya semakin membaik setelah pengobatan. Habibie menceritakan bahwa dirinya akan menjalani operasi untuk kesehatannya.

"Waalaikumsalam. Baik, makin sehat. Setelah diperbaiki, bukan hanya ginjal tetapi juga mata, nanti bulan depan mata kiri-kanan dioperasi tapi enggak berat karena ganti lensa aja," jawab Habibie.

Jokowi pun mendoakan Habibie diberikan kesehatan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan bahwa pemerintah akan membantu penyediaan fasilitas jika diperlukan dalam menjalani perawatan kesehatan.

"Kalau ada hal-hal yang diperlukan kami sudah perintahkan ke Mensesneg untuk layanan kesehatan yang diperlukan Bapak, kami siap untuk melayani," jelas Jokowi.

"Ya terima kasih, syukur Alhamdulillah sampai sekarang saya dicover asuransi," timpal Habibie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.