Sukses

Berawal dari Isu Hoaks, Mukti Ali Tulis Buku soal Keislaman Jokowi

Mukti Ali juga telah mewawancarai orang-orang terdekat dari Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Buku mengenai keislaman Presiden Joko Widodo atau Jokowi diluncurkan. Buku berjudul 'Ulama bertutur tentang Jokowi, jalinan keislaman, keumatan dan kebangsaan' merupakan buku karya Mukti Ali Qusyairi yang menceritakan mengenai keislaman Jokowi.

Mukti mengatakan, penulisan buku ini didasari dari maraknya berita tidak benar atau hoaks mengenai keislaman Jokowi sejak 2014. Misalnya, mulai dari dianggap antek PKI hingga orang keturunan China yang pro asing.

"Sehinga saya menjadi bertanya-tanya apakah betul. Isu itu bermula dari majalah Obor Rakyat yang mengulas menjelaskan soal isu itu," kata Mukti di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (20/12/2018).

Karena hal itu, dia menyebut telah meneliti dengan mewawancarai orang-orang terdekat dari mantan Wali Kota Surakarta tersebut. Mulai dari guru ngaji, keluarga, hingga sahabat.

"Alhamdulillah narsum yaitu para ulama yang pernah memberikan pengajian Alquran hingga siraman rohani dan guru ngaji kepada keluarga besar Pak Jokowi," papar dia.

Sementara itu di lokasi yang sama, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki menyebut, buku tersebut dapat menjadi jawaban terhadap isu hoaks yang ditujukan ke Jokowi. Apalagi kata dia, pembuatan buku berdasarkan riset dari para ulama secara langsung.

"Selama ini Pak Jokowi difitnah anti-Islam bahkan PKI, dalam buku ini cara membantahnya menarik dengan riset daripada kiai, jadi ingin menjawab suara hoaks dengan suatu fakta," kata Teten.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah di Meja Jokowi

Tak hanya itu, dia menyebut buku tersebut telah ada di meja kerja Jokowi. Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu ikut berkomentar.

"Kemarin saya tanya, (Jawaban Jokowi) sudah sah lah Islam saya. Lucu Islam nya dianggap kurang Islam," kata Teten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hoaks