Sukses

Kereta KPJR Anjlok, Jalur Jakarta ke Bandung Lumpuh hingga 5 Jam

Puluhan petugas dari PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi II Bandung berusaha mengevakuasi kereta anjlok dan memperbaiki rel.

Fokus, Bandung - Kereta api perawatan jalan rel atau KPJR anjlok di Jembatan Cibodas, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamrah, Bandung Barat. Akibat peristiwa ini, jalur kereta wilayah selatan dari Jakarta menuju Bandung lumpuh hingga 5 jam.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (9/12/2018), puluhan petugas dari PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi II Bandung berusaha mengevakuasi kereta anjlok dan memperbaiki relnya.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 09.00 Sabtu pagi dan hingga pukul 14.00 siang. Dua gerbong KPJR yang anjlok belum berhasil dievakuasi.

"Saat ini pihak kami sedang berusaha menangani anjlokan tersebut," ujar Humas PT KAI DAOP II Bandung Joni Martinus.

Sementara itu, ratusan penumpang di sejumlah stasiun terlantar berjam-jam. Beberapa penumpang yang tidak sabar menunggu pindah menggunakan angkutan lain.

Kemudian, sebanyak 8 kereta api jurusan Stasiun Gambir Jakarta menuju Stasiun Bandung maupun sebaliknya tertatahan di Stasiun Padalarang, Cilame dan stasiun lainnya.

Setelah 6 jam melakukan perbaikan rel sekitar pukul 15.00 Sabtu sore, rangkaian kereta KPJR yang anjlok sendiri akhirnya bisa dievakuasi menggunakan kereta pembangkit untuk ditarik ke stasiun terdekat. Hingga kini penyebab anjloknya kereta masih diselidiki PT KAI. (Muhammad Gustirha Yunas)