Sukses

Hiu Sirip Hitam Akrab dengan Manusia

Ditemukan, ada 350 spesies hiu dan hanya 30 jenis yang menyerang manusia. Sisanya cukup bersahabat. Sebagian hiu dengan beragam ukuran tubuh hidup dengan memakan plankton.

Liputan6.com, Jakarta: Ternyata, tidak semua spesies ikan hiu buas dan ganas, seperti tayangan di film. Ada beberapa spesies yang bersahabat dengan manusia, di antaranya hiu Sirip Hitam. Hiu bertulang rawan itu mayoritas memiliki daya pandang yang lemah. Demikian sebuah laporan penelitian khusus ikan hiu di Jakarta, baru-baru ini. Laporan itu menyebutkan, dari 350 spesies hiu, hanya 30 jenis yang menyerang manusia dan jumlahnya hanya sekitar 25 kasus per tahun. Sisanya, hiu yang bersahabat.

Hiu ada yang memiliki 3.000 gigi dalam mulutnya dengan komposisi enam hingga 30 baris. Hiu juga dikenal sebagai ikan yang tidak pernah ompong. Sepanjang hidupnya hiu bisa menggunakan lebih dari 20 ribu gigi yang berganti sehari sekali. Giginya sangat tajam, jika tak terpakai akan tanggal. Tapi, beberapa hari kemudian barisan gigi lain akan tumbuh.

Seperti ikan pada umumnya, hiu mempunyai sisik seperti gigi kecil yang disebut dentikel dan berfungsi untuk mempercepat laju renang. Sementara permukaan kulitnya sangat kasar. Konon, zaman dahulu kala masyarakat pantai kerap menggunakan sisik itu sebagai ampelas.(YYT/Esther Mulyanie dan Dwi Guntoro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini