Sukses

Dubes Australia Sambut Keberhasilam Program AIYEP

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty, menyambut baik keberhasilan program pertukaran pemuda Australia-Indonesia (AIYEP) 2011-2012.

Liputan6.com, Jakarta: Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty, menyambut keberhasilan program pertukaran pemuda Australia-Indonesia (AIYEP) 2011-2012. Program ini pun dirayakan bertepatan ulang tahun ke-30 program AIYEP.

"Program AIYEP adalah cara yang fantastis bagi para tokoh muda Indonesia dan Australia bekerja sama di tengah masyarakat setempat guna memajukan dan meningkatkan saling pengertian antara kedua negara," ujar Dubes Moriarty di Jakarta, Jumat (10/2).
 
Seperti diketahui sebanyak 36 peserta dari Australia dan Indonesia sejak akhir Desember lalu tinggal dan berkarya dalam program pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu dan Riau, Pekanbaru.
 
Di Rokan Hulu, para peserta mengkoordinasikan sejumlah kegiatan pembangunan kemasyarakatan termasuk karnaval olahraga, kelas bahasa Inggris, demonstrasi hidup sehat dan pembangunan lapangan bermain setempat.
 
Sedangkan peserta Indonesia menjalani pengalaman hidup di Pulau Kangguru dan di Adelaide, Australia Selatan sejak Oktober 2011. Program ini sebagai bagian dari program mondok dan penempatan kerja selama dua bulan mereka di Australia.

Peserta Australia Doss McPherson mengungkapkan kegembiraannya atas program ini." Kami memperoleh pengalaman persahabatan dan keramahan yang luar biasa dari semua warga Indonesia yang kami temui. Kami mendapat kesempatan untuk menggalang persahabatan yang erat dengan rekan peserta Indonesia untuk saling memperkenalkan kebudayaan. Dengan tinggal di tengah-tengah masyarakat setempat, kami mampu menyatukan diri sedemikian rupa yang tidak akan bisa dilakukan bila kami sebagai turis," katanya.
 
Program AIYEP yang berlangsung kali pertama di Victoria dan Sumatera Barat 1982 silam adalah program tahunan untuk memajukan hubungan antara warga dengan pemuda Australia dan Indonesia. Program ini dikelola Lembaga Australia-Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.(ADI/IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.