Sukses

Malaysia Beri Bantuan Rp 3,67 Miliar untuk Penanganan Gempa Sulteng

Malaysia juga memberikan bantuan dana sebesar Rp 3,67 miliar untuk bantuan dana untuk penanganan pasca-gempa di Sulawesi Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato Seri Wan Azizah Wan Ismail di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).

Dalam pertemuan tersebut istri Anwar Ibrahim mengungkapkan simpati dan belasungkawa terhadap bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Kemudian, pihaknya juga memberikan bantuan yaitu Airbus A400 M dan C130.

Azizah menjelaskan Airbus A400 tersebut berguna untuk mengangkut bahan bakar minyak dari Jakarta menuju ke Balikpapan.

"Indonesia menerima bantuan, untuk operasional Pertamina membawa bahan bakar dari Jakarta-Balikpapan. Dari Jakarta bawa ke Balikpapan dan dua C 130 yang bawa barang-barang terutama dari stasiun ke Labuan," kata Azizah usai bertemu JK di kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Selasa (9/10/2018).

Tidak hanya pesawat, pihaknya juga memberikan dana sebesar Rp 3,67 miliar untuk bantuan di Palu. Kemudian Azizah juga mengatakan akan memberikan bantuan dana untuk bidang pendidikan.

"Ada 1 juta ringgit Malaysia kepada Sulawesi. Dan Perdana Menteri besok dana rehabilitasi utamanya pada bidang pendidikan," papar Azizah.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terima Kasih Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menerima kunjungan kehormatan Deputi Perdana Menteri Malaysia, Wan Azizah Wan Ismail di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/10/2018). Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Malaysia. Negeri Jiran itu disebut telah memberikan bantuan untuk korban gempa Lombok dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Terima kasih atas bantuan Malaysia ke Indonesia untuk gempa Lombok dan Sulawesi," ucap Jokowi.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.