Sukses

Golkar Dorong Penggunaan Dana Optimalisasi untuk Rekonstruksi Pascagempa Sulteng

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan partainya mendorong pemerintah menggunakan dana optimalisasi untuk menangani pascagempa dan tsunami dan Sulawasi Tengah (Sulteng).

"Melalui Fraksi Partai Golkar di DPR RI, kami instruksikan agar dana optimalisasi dipergunakan sebagai cadangan dan dapat dipergunakan sepenuhnya untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di daerah pascabencana di Palu, Donggala, Sigi dan daerah lainnya di Sulawesi Tengah dan juga daerah NTB,” ujar Airlangga, Senin (8/10/2018).

Menurut Airlangga, pemerintah pusat harus memberi perhatian khusus dengan mengalokasikan anggaran besar untuk kepentingan rehabilitasi dan rekonstruksi tersebut.

"Dengan melihat kerusakan akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah untuk rehabilitasi dan rekonstruksinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Anggaran yang diperlukan pasti cukup besar," kata dia.

Dalam kunjungannya di Palu, Airlangga menyerahkan bantuan yang di antaranya berupa tenda dan genset untuk memenuhi ketersediaan listrik.

"Dengan diberikannya genset ini akan memenuhi kebutuhan penerangan atau pengisian baterai telepon genggam para pengungsi, sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan sanak keluarganya," ujar Menteri Perindustrian itu.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini

2 dari 2 halaman

Diberi Ketegaran

Dalam kesempatan itu, Airlangga berharap agar warga yang terdampak gempa dan tsunami tetap tegar dan diberikan kesabaran.

“Kami berdoa agar masyarakat Palu, Donggala, Sigi dan daerah lainnya yang terdampak bencana agar diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi bencana yang dahsyat ini. Kami akan berupaya membantu meringankan beban penderitaan masyarakat Sulawesi Tengah,” kata Airlangga.

Airlangga juga mengaku telah menginstruksikan kepada seluruh kader Golkar untuk memberikan bantuan kepada para korban gempa dan tsunami di Sulteng.

"Partai Golkar telah menginstruksikan kepada seluruh kader Partai Golkar di seluruh tanah air untuk memberikan bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah ini,” ujar dia.

Reporter: Ahda Bayhaqi

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: