Sukses

Dinas Pariwisata DKI: Kita Jadi Kena Imbas Kasus Ratna Sarumpaet

Liputan6.com, Jakarta - Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro menyampaikan, sebenarnya tidak ada masalah memberikan fasilitas kepada tokoh atau budayawan yang berprestasi. Hanya saja, untuk Ratna Sarumpaet, pihaknya jadi dinilai ikut terlibat kasus lantaran menjadi sponsor perjalanannya ke Chile.

"Cuma emang kebetulan aja nih ada kasus dia, kita nih jadi kebawa-bawa Disbudpar. Sebenarnya nggak ada masalah. Bukan Ratna doang yang dibantu. Banyak yang dibantu," tutur Asiantoro saat dikonfirmasi, Kamis (4/10/2018) malam.

Menurut dia, Ratna Sarumpaet merupakan sosok budayawan wanita yang memiliki rekam jejak bagus sebagai seniman. Untuk itu, pihaknya mengabulkan pendanaan bagi ibu dari aktris Atiqah Hasiholan itu dalam rangka menghadiri seminar kebudayaan internasional di Santiago, Chile.

"Sebenarnya pimpinan, semua orang dianggap yang perlu dibantu ya dibantu, tidak pilih-pilih. Jadi kalau memang prestasinya bagus, dianggap layak untuk dibantu ya dibantu dan tidak Bu Ratna doang biasanya. Kita juga besok Oktober mau berangkatkan seniman juga ada," jelas dia.

Ratna Sarumpaet sendiri menerima undangan untuk menghadiri acara Women Playwright International Conference yang digelar tiga tahunan dengan bergantian di tiap negara. Surat permohonan sponsor itu sendiri dilayangkan pada 31 Januari 2018.

"Satu, dia sendiri. Emang dia sendiri undangannya untuk dia," Asiantoro menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Dibiayai Pemprov DKI

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro membenarkan pihaknya membiayai perjalanan Ratna Sarumpaet ke Chile.

"Iya dibantu, emang dibantu," tutur Asiantoro saat dikonfirmasi, Kamis (4/10/2018) malam.

Menurut Asiantoro, Ratna Sarumpaet mengajukan surat permohonan agar mendapat fasilitas dalam rangka menghadiri seminar kebudayaan. Dia diundang sebagai salah satu anggota senior dalam kongres tersebut.

"Ya sebenarnya gini, sebenarnya hal yang biasa juga ketika budayawan dibantu. Ketika seseorang seniman, budayawan, kalau emang dia kapasitasnya sudah bagus reputasinya, kalau emang dibantu ya hal biasa," jelas dia.

Sambil Liburan, WNA Prancis Edarkan Narkoba di Bali
Loading
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Benarkan Bantu Perjalanan Ratna Sarumpaet ke Chile
Artikel Selanjutnya
HEADLINE: Tren Operasi Plastik, Antara Konsep Diri Negatif atau Hak untuk Cantik?