Sukses

Khawatir Isu Tsunami, Korban Gempa Donggala dan Palu Mengungsi ke Pegunungan

Kecamatan terdekat dari titik gempa adalah Kecamatan Bambang Lamotu dan Pasangkayu. Keduanya merupakan wilayah dengan dampak gempa yang cukup parah.

Liputan6.com, Pasangkayu - Korban gempa bermagnitudo 7,4 yang mengguncang Donggala, Sulawesi Barat, mengungsi ke pegunungan. Para korban membawa perbekalan seadanya.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (30/9/2018), dampak gempa yang mengguncang Palu dan Donggala terasa ke beberapa wilayah. Di antaranya Kecamatan Bambalamotu dan Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Warga di daerah tersebut akhirnya mengungsi ke wilayah pegunungan dengan peralatan seadanya. Kabar tsunami membuat warga panik dan membuat tenda sederhana di dataran tinggi.

Warga mengungsi di pegunungan Desa Ako karena khawatir terdapat gempa susulan. Hingga kini, warga mengaku belum mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Ditambah lagi banyak warga lanjut usia yang terbaring sakit.

Kecamatan terdekat dari titik gempa adalah Kecamatan Bambang Lamotu dan Pasangkayu. Keduanya merupakan wilayah dengan dampak gempa yang cukup parah. Puluhan rumah warga dan fasilitas umum seperti pasar rusak dan porak-poranda akibat gempa.

Warga berharap pemerintah setempat segera mengirimkan bantuan berupa tenda dan dapur umum. (Muhammad Gustirha Yunas)