Sukses

5 Fakta Mengejutkan di Balik Bonus Atlet Asian Games 2018

Bonus yang dijanjikan Presiden Jokowi bagi atlet yang telah berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Asian Games 2018, telah didapatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Bonus yang dijanjikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bagi atlet yang telah berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang Asian Games 2018, kini telah didapatkan. Mereka bahkan tak perlu menunggu waktu lama agar bonus itu cair.

Bertempat di Istana Negara, sebanyak 199 atlet menerima bonus dari Jokowi. Mereka berhasil menyumbangkan 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu dari berbagai cabang olahraga dalam Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palembang.

"Karena itu saya sampaikan kemarin ke Menpora, bonus atlet peraih medali saya ingin berikan secepatnya sebelum acara penutupan dilakukan," kata Jokowi dalam sambutannya di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Pemberian bonus dari pemerintah yang terbilang sangat cepat itu bahkan mendapat pujian dari peraih medali emas pertama Indonesia dari cabang taekwondo, Defia Rosmaniar.

"Ini cepat banget, belum penutupan langsung dapat. Biasanya sebulan setelahnya baru dapat. Kepedulian pemerintah untuk atlet Indonesia," kata Defia.

Berikut sejumlah fakta mengejutkan terkait bonus yang diberikan Jokowi pada ratusan atlet peraih medali Asian Games 2018:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Nilai Bonus Fantastis

Jonatan Christie, Defia Rosmaniar, Eko Yuli, Anthony Sinisuka Ginting adalah sebagian atlet yang berhasil menyabet medali Asian Games 2018 di Jakarta. Atas prestasi cemerlangnya mereka diganjar bonus sebesar Rp 1,5 miliar.

Ada pun untuk pasangan atau ganda, mendapatkan Rp 1 miliar per orang dan Rp 750 juta per orang untuk beregu.

Sementara, bagi peraih medali perak untuk tunggal putra dan putri mendapatkan Rp 500 juta, ganda Rp 400 juta, dan beregu Rp 300 juta per orang. Sedangkan perebut medali perunggu, dihadiahi Rp 250 juta, ganda Rp 200 juta, dan beregu Rp150 juta per atlet.

 

* Saksikan keseruan Upacara Penutupan Asian Games 2018 dan kejutan menarik Closing Ceremony Asian Games 2018 dengan memantau Jadwal Penutupan Asian Games 2018 serta artikel menarik lainnya di sini.

3 dari 6 halaman

2. Pelatih dan Asisten dapat Bonus

Tidak hanya para atlet yang mendapatkan bonus dari pemerintah, para pelatih dan asisten pelatih juga turut mendapatkan bonus dari Jokowi.

"Untuk pelatih yang atletnya mendapat medali di Asian Games 2018, besaran bonus yang didapat berbeda-beda," ungkap Menpora Imam Nahrawi.

Misalnya untuk pelatih dari kategori perorangan atau ganda yang atletnya menyumbangkan emas di Asian Games 2018, mendapat Rp 450 juta. Sedangkan pelatih yang atletnya meraih medali perak mendapat Rp 150 juta, sementara mereka yang mendapat medali perunggu mendapat Rp 75 juta.

Bonus untuk pelatih dari kategori beregu yang atletnya berhasil membawa pulang medali juga mendapat apresiasi. Jika anak didiknya menyabet emas mendapat Rp 600 juta, perak Rp 200 juta, dan perunggu mendapat Rp 100 juta.

4 dari 6 halaman

3. Kalah dapat Bonus

Yang menarik, di tahun ini pemerintah juga memberikan bonus kepada para atlet yang gagal mendapatkan medali di Asian Games 2018. Hal ini menjadi bukti bahwa pemerintah sangat mengapresiasi setiap tetesan keringat serta kerja keras mereka yang berjuang hingga akhir pertandingan.

Namun demikian, besaran bonus yang diterima berbeda dengan mereka yang telah berhasil menyumbang medali.

"Besarnya Rp 20 juta," kata Imam di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

5 dari 6 halaman

4. Pajak Ditanggung Pemerintah

Satu lagi yang tak kalah mengejutkan dari pemberian bonus kepada para Kontingen Indonesia yang telah berjuang di Asian Games 2018. Semua bonus yang telah diterima tanpa dikenakan pajak sedikit pun. Sebab, pajak sudah dibayarkan pemerintah.

Peraih emas dari cabang angkat besi Eko Yuli Irawan bahkan sampai memperlihatkan buku tabungannya. Di baris pertama buku tersebut tertulis angka Rp 1,5 miliar.

"Bersih ya, pajak sudah ditanggung pemerintah," kata peraih emas dari cabang angkat besi Eko Yuli Irawan di Istana Negara Jakarta, Minggu (2/9/2018), seperti dilansir Antara.

 

6 dari 6 halaman

5. Anggaran Bonus Asian Games

Untuk pemberian bonus kepada atlet Asian Games 2018, pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp 210 miliar. Jumlah ini tidak termasuk bonus untuk atlet yang akan ikut paragames setelah ini. Anggaran diambil langsung dari APBN.

"Ada juga yang bersumber dari BA-BUN (Belanja Anggaran Bendahara Umum Negara). Yang penting sekarang sudah cair semua," ucap Menpora Imam Nahrawi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.