Sukses

Jauh dari Tanah Air, Upacara HUT ke-73 RI di Azerbaijan Berlangsung Haru

Tema kemerdekaan yang ditekankan oleh KBRI Baku dalam upacara ini, yaitu mengenai sikap-sikap yang penting untuk dimiliki oleh orang Indonesia selaku warga dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Ada suasana yang berbeda di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Baku, Azerbaijan pada Jumat, 17 Agustus 2018 pagi. Suasana kedutaan yang biasanya terkesan resmi dan sepi, kini ramai diwarnai dengan beragam hiasan bermotif serba merah putih.

Mulai pukul 07.00 pagi, satu per satu tamu yang berniat untuk menghadiri upacara pengibaran bendera Indonesia mulai berdatangan.

Tepat pukul 09.00 waktu setempat, upacara dimulai dan berjalan dengan khidmat. Tampak para hadirin, yang kebanyakan adalah para WNI yang tinggal di Baku, terbawa suasana haru sekaligus bangga, ketika bendera Merah Putih dikibarkan oleh tim Paskibra.

Upacara ini dihadiri oleh sekitar 70-an orang, yang datang dari kalangan beragam, mahasiswa Indonesia dan Azerbaijan, pekerja, dan orang-orang Azerbaijan lainnya yang dekat dengan Indonesia.

Tema kemerdekaan yang ditekankan oleh KBRI Baku dalam upacara ini, yaitu mengenai sikap-sikap yang penting untuk dimiliki oleh orang Indonesia selaku warga dunia.

"Menyambut hari merdeka RI yang ke-73, kita perlu selalu mengingat pentingnya sikap yang berani, semangat pantang menyerah dan rela berkorban dalam peran kita masing-masing untuk senantiasa mengisi kemerdekaan Indonesia," tutur Minister Counselor KBRI Baku, Azerbaijan, Meita Timoer Poerwonggo, di hadapan puluhan peserta upacara. 

Dia pun mengingatkan tema HUT RI ke-73 saat ini, yaitu semangat kerja yang menjadi prestasi dalam membangun bangsa.

"Sesuai dengan tema kita tahun ini, kerja kita, prestasi bangsa, peran kitalah yang menentukan arah masa depan bangsa Indonesia,” ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cinta Indonesia

Sementara warga Azerbaijan Emin (31), yang ikut serta dalam upacara mengatakan, bahwa makna peringatan HUT RI ke-73 ini menjadikan dia juga makin mencintai Indonesia.

"Makna 17-an di sini, kami sebagai warga Azerbaijan membuat rasa cinta saya dengan Indonesia makin lebih. Insyaallah akan selalu kami promosikan Indonesia kepada warga Azerbaijan,” ucap Emin.

Upacara pengibaran bendera di Baku, selain untuk mengobarkan semangat dan rasa cinta terhadap Tanah Air, juga sebagai sebuah ajang silaturahmi antar WNI yang tinggal di Azerbaijan.

Selain upacara, kegiatan rutin yang dilakukan adalah syukuran, ramah tamah, serta kegiatan panggung rakyat yang akan dilaksanakan pada sore hari di hari yang sama.

Saksikan Video Piihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.