Sukses

Reshuffle Kabinet Jokowi, Mensesneg: Konsekuensi Dinamika Koalisi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi bakal melakukan reshuffle (perombakan) kabinet jilid IV dalam waktu dekat. Mensesneg Pratikno menjelaskan pertimbangan perombakan kabinet.

"Kita tunggu keputusannya karena ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian," kata Pratikno saat memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, yang kemungkinan akan tergusur. Asman, merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN), yang memutuskan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Perihal tanggal dan hari perombakan kabinet, Pratikno belum bisa memastikan. Dia hanya menegaskan, Presiden Jokowi yang akan menyampaikan langsung perombakan kabinet kerja.

"Kalau yang memastikan Pak Presiden," ujar dia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

2 dari 2 halaman

Konsekuensi Koalisi

Pratikno menambahkan, di mata Jokowi kinerja Asman Abnur di Kemenpan RB selama ini sangat memuaskan. Namun, jika Asman dilengser dari Kabinet Kerja maka itu merupakan konsekuensi dari keluarnya PAN dari koalisi pemerintah.

"Ini konsekuensi dari pengkoalisian," tutur dia.

Jokowi melantik Asman Abnur sebagai Menpan RB pada 27 Juli 2016 lalu. Asman menggantikan posisi Yuddy Chrisnandi.

 

Reporter: Titin Supriyatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Surya Paloh Ngaku Belum Dapat Bocoran Menteri Jokowi: Mungkin Saya Terakhir
Artikel Selanjutnya
Jokowi soal Menteri: 45% Parpol, 55% Profesional, Partai Sudah Tahu