Sukses

Reshuffle Kabinet Jokowi, Mensesneg: Konsekuensi Dinamika Koalisi

Reshuffle kabinet akan diumumkan Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi bakal melakukan reshuffle (perombakan) kabinet jilid IV dalam waktu dekat. Mensesneg Pratikno menjelaskan pertimbangan perombakan kabinet.

"Kita tunggu keputusannya karena ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian," kata Pratikno saat memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, yang kemungkinan akan tergusur. Asman, merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN), yang memutuskan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Perihal tanggal dan hari perombakan kabinet, Pratikno belum bisa memastikan. Dia hanya menegaskan, Presiden Jokowi yang akan menyampaikan langsung perombakan kabinet kerja.

"Kalau yang memastikan Pak Presiden," ujar dia.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsekuensi Koalisi

Pratikno menambahkan, di mata Jokowi kinerja Asman Abnur di Kemenpan RB selama ini sangat memuaskan. Namun, jika Asman dilengser dari Kabinet Kerja maka itu merupakan konsekuensi dari keluarnya PAN dari koalisi pemerintah.

"Ini konsekuensi dari pengkoalisian," tutur dia.

Jokowi melantik Asman Abnur sebagai Menpan RB pada 27 Juli 2016 lalu. Asman menggantikan posisi Yuddy Chrisnandi.

 

Reporter: Titin Supriyatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.