Sukses

Menaker Hanif Hadiri Peringatan Kemerdekaan Peru

Wakili Jokowi, Menaker Hanif hadiri peringatan kemerdekaan Peru.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri, mewakili Presiden RI Joko Widodo menghadiri perayaan Peringatan Hari Kemerdekaan Peru ke-197 di Jakarta. Atas nama Pemerintah Indonesia, ia menyampaikan ucapan selamat dan berharap hubungan kerja sama yang selama ini telah berjalan baik antara Indonesia dan Peru dapat terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

"Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Duta Besar Peru untuk Indonesia Julio Cardenashas yang selama tahun pertama masa jabatanya telah berhasil memperluas kerjasama bilateral Indonesia dan Peru," ujar Hanif, di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa kerja sama diplomatik antara pemerintah Indonesia-Peru telah berumur 43 tahun. Selama ini, ujar Hanif, pemerintah Indonesia dan Peru telah menjalankan hubungan timbal balik untuk meningkatkan dan memperkuat tali persahabatan serta kerjasama berdasarkan kesetaraan dan penghormatan satu sama lain.

"Kerja sama bilateral dilakukan dalam berbagai hal, termasuk ekonomi dan perdagangan, pertanian, kelautan dan sosial budaya serta hubungan persahabatan antar rakyat," ucapnya.

Menurut Hanif, volume perdagangan bilateral antara Indonesia dan Peru menunjukkan tren positif. Pada 2016, total perdagangan antara dua Negara mencapai 218,41 juta dollar AS dan pada 2017 total perdagangan meningkat menjadi 229,98 dollar AS.

"Indonesia siap bekerja sama dengan Peru untuk meningkatkan hubungan dagang melalui misi perdagangan, kerja sama melalui kamar dagang dan partisipasi dalam pameran-pameran perdagangan, serta penetapan sebuah perjanjian ekonomi yang menyeluruh," kata dia.

Hanif juga menyambut baik hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Peru Nestor Popolizio di Lima pada akhir Mei 2018 yang menggarisbawahi pentingnya keberlangsungan perluasan kesempatan bisnis serta pemanfaatan potensi dan saling mengisi antara kedua Negara.

Dalam kerangka tersebut, lanjutnya, disepakati untuk meningkatkan koordinasi untuk langkah awal negosiasi perjanjian perdagangan yang akan menjadi dasar untuk pelaksanaan kerjasama bilateral untuk kerja sama yang lebih tinggi.

"Saya yakin bahwa kerja sama kedua negara di bidang ekonomi maupun perdagangan serta kerja sama di bidang lainnya dapat terus berkembang baik pada tahun-tahun mendatang," ujar Hanif.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan bahwa Indonesia dan Peru memiliki jalinan erat dalam berbagai forum, termasuk forum multilateral. Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, Hanif pun menyampaikan penghargaan atas dukungan pemerintah dan rakyat Peru selama masa pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB untuk masa 2019-2020.

"Dalam kerja sama erat dengan Peru dan negara-negara lain, Indonesia bersiap untuk memainkan sebuah peran global sebagai kekuatan konstruktif untuk perdamaian, kemakmuran, dan siap untuk bekerja sama erat dengan seluruh pihak demi tercapainya tujuan mulia tersebut," ucapnya.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini