Sukses

Sudah Dipasangi Jaring Hitam, Masih Baukah Kali Item?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memasang jaring hitam di atas Kali Sentiong atau Kali Item. Pemasangan jaring hitam ini tak lain agar bau menyengat dari kali tidak tercium lagi.

Hal ini lantaran Kali Item berada persis di sebelah Wisma Atlet Kemayoran. Demi mencegah bau menyengat tercium oleh para atlet Asian Games, Pemprov DKI Jakarta pun sigap memasang jaring hitam.

Tetapi ternyata, menurut warga sekitar, mereka sejak dulu tidak pernah mencium bau menyengat Kali Item.

"Emang bau yah? Saya sih enggak nyium bau, perasaan sih enggak bau, mungkin udah biasa kali ya," kata seorang ibu bernama Inah, saat berbincang dengan Liputan6.com di rumahnya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018).

Mungkin bagi warga yang tinggal di pinggir Kali Item sudah terbiasa dengan bau tersebut. Karena bagi mereka, sudah risiko bau kalau tinggal di pinggir kali.

"Kalau menurut saya yang memang tinggal di sini sih enggak bau yah, enggak pernah cium bau. Tapi memang kalau pas lagi tempat pembuangannya dibuka, nah itu baru berasa baunya," kata warga lain bernama Hari.

Menurut Hari yang juga petugas UPK Badan Air wilayah Kemayoran, pemasangan jaring hitam ini merupakan instruksi langsung dari Gubernur DKI Jakarta.

"Itu (jaring hitam) yang masangnya bukan kita, warga, tapi memang instruksi langsung dari atas (Gubernur DKI Jakarta). Jadi ya kita enggak tau juga," jelas Hari.

Pantauan Liputan6.com, warga yang melintasi Kali Item tidak terlihat menutup hidung. Bau kali memang tidak tercium. Tetapi kalau terlalu dekat dengan kali, baunya baru terasa.

 

2 dari 2 halaman

Kata Anies

Sebelumnya, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno meninjau langsung Kali Sentiong atau Kali Item yang berada di depan Wisma Atlet Kemayoran, yang kini sudah dipasangi jaring pada Sabtu 21 Juli 2018 lalu.

Anies mengklaim, setelah dipasangi jaring, bau menyengat Kali Item sudah tidak terlalu kuat. Hal ini tidak lain demi kenyamanan para atlet Asian Games.

"Bagi teman-teman yang datang ke sini mungkin merasa bau, coba datang 2-3 bulan lalu, jauh lebih kuat. Ini sudah jauh lebih menurun dan akan kita teruskan," ujar Anies Baswedan.

Dia mengaku, ada beberapa usaha yang dikerjakan, tapi dirinya punya back up plan atau rencana cadangan. Selain itu, usaha pengurangan bau di airnya juga tetap berjalan.

"Di atas (Kali Item) ada jaring. Jadi usaha kita bersihkan sungai jalan terus. Tapi kalau kita tidak punya penutup, kalau membersihkannya itu tidak berhasil, kita tidak punya cadangan, karena itu kita pasang jaring dulu supaya aman," kata dia.

Anies menyebut, masalah bau di kali ini bukan pada kerukannya. Melainkan air di kali dari berbagai sumber.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Respons Warga dan Politikus Usai Penggusuran di Sunter
Artikel Selanjutnya
Gerindra Sebut Anies Baswedan Tak Pernah Janji soal Penggusuran saat Kampanye