Sukses

Pesan Menko Puan untuk Zohri: Fokus pada Asian Games

Puan berharap, Zohri tidak cepat puas dengan pencapaian prestasi yang diraihnya saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyampaikan ucapan selamat kepada sprinter asal Indonesia Lalu Muhammad Zohri (18). Pria asal Nusa Tenggara Barat itu berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Dunia Atletik U20 100 meter putra yang diselenggarakan di Tampere, Finlandia.

"Selamat kepada Zohri yang sudah membawa nama Indonesia harum di Finlandia Atletik U20 yang ada di sana. Dan ini merupakan satu prestasi yang sangat membanggakan menjelang Asian Games," kata Puan usai menghadiri Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018 di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (18/7/2018).

Puan berharap, Zohri tidak cepat puas dengan pencapaian prestasi saat ini. Zohri diminta untuk tetap fokus serta terus meningkatkan potensi.

"Fokus pada pelaksanaan Asian Games, tetap tinggikan prestasi. Dan satu lagi yang saya sampaikan apa yang menjadi kebanggaan Zohri bukan hanya kebanggaan pribadi Zohri tapi seluruh rakyat Indonesia," ujar Puan.

"Jadi tetap fokus, semangat tunjukkan prestasi dan kita satu tim. Tim Indonesia untuk Asian Games, menangkan Asian Games untuk Indonesia," sambungnya.

Zohri mencetak rekor dengan meraih medali emas pertama bagi Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Atletik U20 pelari 100 meter putra. Dalam 32 tahun terakhir, posisi terbaik atlet Indonesia hanya berada dalam finish posisi ke-8 yaitu pada tahun 1986.

Zohri mampu mengungguli duo sprinter asal Amerika Serikat, yakni Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang masing-masing mencatatkan waktu 10,22 detik. Ia tercatat hanya membutuhkan waktu 10,18 detik untuk mencapai garis finish.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.