Sukses

Puluhan Wisatawan Pantai Pangandaran Disengat Racun Ubur-Ubur

Tak kurang dari 20 wisatawan tersengat ubur-ubur dan harus mendapat pertolongan medis.

Liputan6.com, Pangandaran - Menikmati masa libur Lebaran, ribuan wisatawan memadati Pantai Batu Karas di Pangandaran, Jawa Barat. Nahas di akhir pekan ini, tak kurang dari 20 wisatawan tersengat ubur-ubur dan harus mendapat pertolongan medis.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (24/6/2018), akibat terkena racun ubur-ubur, korban merasakan gatal-gatal, pusing, mual, muntah. Bahkan ada yang pingsan dan memerlukan bantuan oksigen.

Pengelola Pantai Batu Karas pun membuka pos kesehatan untuk memberi pertolongan pada wisawatan. Jika tersengat ubur-ubur, wisatawan harus tenang dan segera meminta bantuan ke tim medis.

"Penanganan pertama kita pakai cuka, air hangat, banyak minum. Pasien diusahakan tidak stres. Kalau napasnya sesak, kita kasih bantu dengan oksigen," ungkap Yosep, Tim Medis Pantai Batu Karas.

Perubahan cuaca di wilayah Pangandaran yang kerap berubah dari panas tiba-tiba menjadi dingin disinyalir menjadi salah satu penyebab keluarnya ubur-ubur dari sarangnya dan naik ke permukaan.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel di sini. Dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di liputan6.com.