Sukses

Pengunjung Membludak, Belasan Anak Sempat Hilang di Ragunan

Hari ini pengunjung Kebun Binatang Ragunan mencapai 149.665 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Akibat membludaknya pengunjung di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, belasan anak-anak sempat terlepas dari pengawasan orangtua. Hal itu di sampaikan Kepala Unit Pengelolah Taman Marga Satwa Ragunan, Dina Himawati.

Dina mencatat, hari ini pengunjung di Kebun Binatang Ragunan mencapai 149.665 orang. Dari total itu sedikitnya, 16 anak-anak sempat berpisah dari orangtua. Usianya rata-rata 5-8 tahun.

"Hari ini 16 anak kehilangan orangtuanya. Mereka hilang saat berada di wahana permainan. Jadi anak-anak, naik di mana turun di mana. Enggak bareng sama orangtua," terang dia.

Dina menjelaskan, anak-anak yang terlepas dari orangtua biasanya selalu menangis. Kemudian menghampiri petugas yang berjaga. Baik petugas patroli ataupun petugas kebersihan.

"Oleh petugas diantar ke pusat informasi" ungkap dia.

Nantinya, di pusat informasi akan ditanyai ihwal data diri. Sebelum diumumkan melalui pengeras suara.

"Petugas kami tanya namanya, nama orangtua siapa, lalu informasikan ke pengunjung Ragunan melalui pusat informasi dengan ciri-ciri anak seperti apa," ungkap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diminta Pantau Buah Hati

Dia melanjutkan, petugas tidak serta merta memberikan anak tersebut. Ada prosedur yang harus ditempuh. "Pada saat keluarga datang sudah ada Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang ditandatangani dan mencantumkan fotokopi KTP," ujar dia.

Dina mengimbau kepada pengunjung lebih memantau anaknya masing-masing. "Kami meminta tolong dengan sangat karena luas Kebun Binatang Ragunan 147 hektare, dan tenaga kami tidak bisa mengawasi satu-satu pengunjung, kami minta tingkatkan kewaspadaan," tukas dia.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.