Sukses

Komisi I Rapat dengan BIN soal Deteksi Dini Teror Pekan Depan

Liputan6.com, Jakarta - Komisi I DPR berencana memanggil Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Komjen Budi Gunawan pekan depan. Mereka akan menanyakan soal tugas deteksi dini yang dilakukan BIN saat aksi terorisme terjadi di sejumlah lokasi di Indonesia.

"Pekan depan bisa rapat dengan Kepala BIN untuk ketahui gimana sih deteksi dini dan awal yang diberikan BIN kepada aparat keamanan," kata Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Dia tak ingin menyimpulkan, BIN kecolongan sehingga teror pecah di beberapa tempat.

Legislator akan menggali terlebih dahulu apakah BIN telah melakukan deteksi dini dan menyampaikan informasi awal soal rencana teror kepada aparat keamanan.

"Kita lihat dari hasil raker itu. BIN berikan informasi dini deteksi dini itu saja. Kalau sudah diberikan maka kami tanyakan pada Kepala BIN," ujar Abdul.

 

1 dari 2 halaman

Evaluasi Kerja

Pada rapat kerja itu, lanjut dia, Komisi I juga akan melakukan evaluasi terhadap kinerja BIN. Termasuk kinerjanya dalam mengantisipasi teror.

"Terkait maraknya teror ini kami ingin tanya seberapa jauh BIN lakukan deteksi dini kemungkinan aksi teror. Kami tekankan di sana," tandas Abdul.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Sandiaga Minta RT Perhatikan Warga yang Baru Pulang dari Suriah
Artikel Selanjutnya
Belgia hingga Indonesia, Ini 4 Cara Warganet Lawan Teror dengan Meme Lucu