Sukses

Penghargaan Tinggi DPR untuk Petugas Medis di Hari Perawat Internasional

Ketua DPP PDI Perjuangan ini pun tak lupa memberikan ucapan selamat pada para perawat di peringatan Hari Perawat Internasional ini.

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Perawat Internasional yang jatuh hari ini, Sabtu (12/5/2018), anggota Komisi IX DPR RI, Ribka Tjiptaning, memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh perawat di Indonesia.

Ribka menyebut, telah banyak usaha yang dilakukan para perawat untuk memajukan profesinya, seperti yang dilakukan oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mendesak Parlemen mengesahkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan.

Hadirnya UU tersebut diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas, keterjangkauan, mutu pelayanan keperawatan, dan mempercepat keberhasilan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia.

"Dalam kesempatan ini saya ingin memberi aspirasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada kaum perawat yang terus mendesak Parlemen untuk mengesahkan UU Perawat. UU tersebut akan menjamin kepastian hukum bagi Perawat Indonesia untuk menjalankan profesinya," ungkap Ribka, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Ribka juga menuturkan, ia mendukung usaha-usaha yang dilakukan oleh para perawat untuk menaikan kesejahteraan pada profesi mereka. Seperti halnya Gerakan Nasional Perawat Honorer Indonesia yang menuntut diangkatnya Perawat Honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil.

"Saya mendukung Gerakan tersebut yang telah menemui Komisi IX DPR RI. Jumlahnya mencapai 81.110 perawat honorer, dengan masa kerja 1 sampai 30 tahun," tuturnya.

Selain itu, dia juga mendukung perjuangan PPNI untuk meningkatkan kesejahteraan  perawat, seperti dalam konteks upah, agar mereka bisa mendapatkan upah minimal 3 kali UMP.

 

Saksikan video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pekerjaan Mulia

Ketua DPP PDI Perjuangan ini pun tak lupa memberikan ucapan selamat pada para perawat di peringatan Hari Perawat Internasional ini. Karena, menurutnya, profesi perawat merupakan pekerjaan yang mulia. Juga tak mengenal waktu untuk merawat dan mendampingi pasien yang membutuhkan jasa mereka.

"Seringkali tetap harus bertugas walau itu hari libur, bahkan saat hari raya keagamaan. Atas pengorbanan dan pengabdian para perawat, saya memberi penghargaan setinggi-tingginya," kata Ribka.

"Selamat merayakan Hari Perawat Internasional," sambungnya.

Setiap tahunnya, tanggal 12 Mei diperingati sebagai Hari Perawat Internasional. Tanggal ini dipilih karena merupakan hari kelahiran seorang yang dianggap pendiri keperawatan modern, yakni Florence Nightingale.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.