Sukses

Polisi Jaga Kawasan Thamrin Jelang Aksi 2019 Ganti Presiden

Sejumlah polisi ada yang berkeliling mengenakan seragam lengkap dan ada pula Polisi yang menggunakan sepeda

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan aparat Kepolisian terlihat mengelilingi kawasan Bundaran Hotel Indonesia. Mereka memasang posisi berjaga di car free day (CFD). Kondisi ini terjadi ditengah rencana kampanye politik relawan #2019GantiPresiden di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin

Pantauan Liputan6.com, Minggu (6/5/2018) pagi, sejumlah polisi ada yang berkeliling mengenakan seragam lengkap dan ada pula Polisi yang menggunakan sepeda. Beberapa ada yang dipersenjatai dengan pentungan dan tembakan gas air mata.

Bukan hanya jaga di sekitar Bundaran HI, tapi ada juga yang berjaga di trotoar. Masing-masing setiap kelompok dibagi menjadi 3 sampai 4 orang.

Salah satu warga asal Slipi, Toro (29), yang sering datang ke CFD, merasa kali ini memang lebih banyak aparat Kepolisian yang berjaga. Biasanya hanya Polisi yang menggunakan sepeda dan menggunakan rompi hijau.

"Iya lebih banyak daripada kemarjn. Baru hati ini. Biasanya cuma polisi pakai rompi hijau aja," kata Toro.

Namun, dari Pukul 06.30 WIB sampai 07.10 WIB tak terlihat ada yang ingin melakukan kampanye politik. Atau dalam hal ini gerakan #2019GantiPresiden.

Sementara itu, di samping Hotel Mandarin, Aparat Kepolisian dari Polres Jakarta Selatan terlihat juga memadati CFD. Mereka disana menggelar sosialisasi "Deklarasi Hidup Sehat Tanpa Narkoba".

Panggung acara digelar. Selain mengajak senam bersama, juga ada beberapa pergelaran musik. Dari beberapa anggota, mengenakan kaus berwarna biru gelap, bertuliskan "orang Indonesia keren tanpa narkoba".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kantongi Izin

Sebelumnya, diketahui, Relawan #2019GantiPresiden memastikan akan tetap mendeklarasikan gerakan mereka di Taman Aspirasi Monas, Minggu 6 April besok. Relawan #2019GantiPresiden, Mustofa Nahrawarda mengklaim, telah mengantongi izin dari kepolisian untuk menyelenggarakan kegiatan itu.

"Semalam izin dari Polri dan Pemprov sudah selesai. Jadi sudah pasti besok dilaksanakan di Taman Monas," kata Mustofa.

Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengimbau lokasi peringatan hari bebas kendaraan atau Car Free Day atau CFD tidak digunakan untuk kampanye politik. Pihak kepolisian mengancam akan menindak tegas bila masih ada massa yang bandel berkampanye di arena Car Free Day.

"Mengenai pergub 12/2016 tentang Car Free Day sudah dijelaskan bahwa lokasi maupun sasarannya ada di jalan tertentu sudah ada di situ. Berkaitan dengan ini, CFD hanya bisa dilaksanakan untuk seni budaya lingkungan hidup dan olahraga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.