Sukses

Pemprov DKI Panggil Penyelenggara Acara Bagi-Bagi Sembako di Monas

Sandiaga memastikan, pihak panitia acara bagi-bagi sembako di Monas akan dipanggil hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan memanggil pihak penyelenggara acara pesta rakyat dan bagi-bagi sembako di Lapangan Monas, yang digagas Forum Untukmu Indonesia (FUI) pada Sabtu, 28 April 2018. Pemprov akan mengecek apakah ada muatan politik atau tidak dalam kegiatan tersebut.

"Jadi ini kita (ingin) pastikan Monas ini tidak terkontaminasi oleh kegiatan politik. Apakah betul ini kegiatan keagamaan dan diperbolehkan di Monas, ini yang harus kita cari tahu," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Jakarta, Senin (30/4/2018).

Dia pun memastikan, pihak panitia acara bagi-bagi sembako tersebut akan dipanggil hari ini. Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI yang akan menanganinya.

"Hari ini saya sudah sampaikan pesan ke Kesbangpol. Hari ini dipanggil juga," tutur Sandiaga.

Dia berharap, panitia bagi-bagi sembako bisa memenuhi panggilan tersebut. Hal tersebut agar tudingan ada muatan politis cepat bisa diklarifikasi. "Mudah-mudahan hari ini bisa hadir di sini dan bisa mengklarifikasi," Sandiaga Uno memungkasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Warga Sambangi Monas

Ribuan warga dari berbagai daerah menyambangi Lapangan Tugu Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 28 April 2018. Kedatangan mereka untuk menghadiri sebuah pesta rakyat yang digagas "Forum Untukmu Indonesia". Salah satu rangkaian acara adalah pembagian sembako.

Pantauan di lokasi pembagian sembako, ribuan masyarakat yang didominasi kaum hawa sedang menunggu antrean. Ada yang berdiri, duduk bersila, hingga jongkok. Sementara itu, polisi tidak henti-hentinya memberikan instruksi kepada massa agar tertib.

"Yang sudah ditunjuk tongkat ajaib tolong berdiri. Jangan berebut," kata seorang anggota polisi, Aiptu Sutarman, sambil menggunakan pengeras suara di Monas.

Nantinya, ketika warga sudah diminta berdiri, ketua panita akan menyeleksi kembali. Bagi yang memiliki kupon diperbolehkan melewati pagar pembatas untuk mengambil jatah sembako.

Ada sejumlah barang yang disediakan pihak panitia, antara lain beras, mi instan, minyak sayur, gula, dan lain-lain.

Ketua Panitia Forum Untukmu Indonesia (FUI) Dave Santosa mengatakan, kegiatan ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Ada beberapa rangkaian acara yang digelar di Monas, salah satunya pembagian sembako.

Dave mengatakan, panitia menyediakan sedikitnya 100 ribu sembako. Ini diberikan bagi warga yang sudah memiliki kupon.

"Setiap warga kebagian satu kupon. Itu untuk ambil sembako ini (per-item satu)," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.