Sukses

Kapolres Cianjur Sebut Kawasan Longsor Puncak Pass Masih Aman Dilalui

Kendaraan roda dua dan empat dari arah Bogor menuju Puncak Pass masih bisa melalui lajur tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Bencana tanah longsor kembali terjadi di kawasan Puncak Pass Cianjur, Jawa Barat. Menurut Kapolres Cianjur Solihah, titik bencana berada di kawasan rawan longsor. Sebelumnya, lokasi tersebut pernah longsor pada 5 Februari 2018.

"Itu TKP longsor tanggal 5 Februari yang sedang direnovasi, bronjong yang sudah dibangun (kembali) longsor," ujar Solihah saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (29/3/2018).

Meski terjadi longsor, menurut Solihah, kawasan Puncak tersebut masih aman dilalui oleh kendaraan bermotor.

"Kendaraan roda dua dan empat dari arah Bogor menuju Puncak Pass masih bisa melalui lajur tersebut," kata dia.

Tetapi, kata Solihah, untuk arah sebaliknya masih belum bisa dilalui oleh kendaraan bermotor.

"Ke arah Puncak bisa, ke Bogor enggak bisa. Dari Rumah Makan Bumi Aki sampai ke Gunung Mas enggak bisa dilewati roda empat. Hanya roda dua saja," tegas Solihah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Puncak Segera Dibuka

Jalur Puncak tepatnya di Puncak Pass, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur kembali longsor pada Rabu 28 Maret 2018. Akibatnya, jalur menuju Cianjur maupun Jakarta ditutup.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) menyatakan, di titik longsor masih aman untuk dilalui kendaraan roda empat. Dengan begitu, jalur Puncak akan segera dibuka kembali.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pemda setempat, kepolisian, dan TNI bahwa jalur bisa dibuka, tapi setengah lajur," ujar Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional 6 Jakarta Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Atyanto Bisono ditemui di lokasi longsor, Kamis (29/3/2018).

Akan tetapi, Atyanto tidak menyebut kapan jalur Puncak segera dibuka kembali. Dia hanya memberikan alasan dibukanya jalur tersebut, yakni agar tidak mengganggu perekonomian warga sekitar kawasan Puncak yang bergantung pada sektor pariwisata.

Apalagi, akhir pekan ini bertepatan dengan libur panjang, sehingga banyak wisatawan yang sudah merencanakan liburan ke Cianjur dan sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.