Sukses

Ujian Nasional di SDN Gadel Tak Perlu Diulang

Mendiknas Mohammad Nuh menyatakan ujian nasional di SDN Gadel II Surabaya, Jatim, tak perlu digelar kembali karena tak terbukti adanya menyontek massal.

Liputan6.com, Jakarta: Penolakan siswa Sekolah Dasar Negeri Gadel II Surabaya, Jawa Timur mengulang ujian nasional (UN) selaras dengan pernyataan Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh. Nuh menyatakan di Gedung Kementerian Nasional, Jakarta, Rabu (15/6), ujian nasional di SDN Gadel II tak perlu digelar kembali karena tak terbukti adanya menyontek massal.
 
Kesimpulan didasarkan pada pola jawaban siswa dalam lembar jawaban UN. Dalam pola jawaban hasil UN, ternyata tak sama untuk semua siswa. Dalam hal ini guru SDN Gadel Sari II menolak ujian nasional diulang.
 
Kasus nyontek massal terungkap berkat pengakuan seorang siswa bernama Alif. Ia mengaku diberi contekan oleh gurunya untuk disebarkan kepada semua murid di sekolah. Merasa terusik nuraninya, Alif menceritakan peristiwa itu pada orangtua.

Tak berapa lama beberapa anggota DPRD setempat melakukan inspeksi mendadak ke sekolah. Hasil inspeksi, kepala sekolah SDN Gadel dicopot dari jabatan [baca: Siswa SDN Gadel II Tolak UN Diulang].(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.